Sunday, January 19, 2014

Cara Cepat Menghafal Chord Piano

Aturan pembentukan dan cara cepat menghafal chord mayor dan minor pada piano. Chord adalah kumpulan beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan. Didunia music ada yang namanya chord mayor dan chord minor. Dari dua chord tersebut, ada lagi beberapa pengembangannya yang menyebabkan banyaknya jenis chord. Namun setiap chord mempunyai aturan, sifat, karakteristik atau pola dalam pembentukanya. Dengan adanya pola pola ini kita dapat dengan mudah menemukan chord - chord tersebut. Untuk dapat menemukan tata letak chord, kita harus tahu apa itu scale/skala (tangga nada). Jika ada yang belum paham dengan yang namanya scale/skala, silahkan pelajari terlebih dahulu pada pelajaran sebelumnya disini. Dalam tutorial kali ini saya akan tunjukan bagaimana cara mudah menghafal chord piano hanya dalam hitungan menit.

Jika kita lihat dibuku - buku atau dimedia pembelajaran lainnya, ada banyak sekali macam chord piano, ada chord mayor, minor, suspended, augmented, dominand, dllnya. Wah banyak sekali chordnya, bisakah saya menghafalnya dalam waktu singkat. Mungkin baru satu halaman sudah menyurutkan niat kita untuk belajar piano. Tapi, jangan patah arang dulu. Jika diperhatikan secara seksama, setiap chord baik mayor, minor, dll nya mempunyai karakhteristik atau pola dalam pembentukanya. Misalnya saja chord mayor, chord mayor ini mempunyai pola 43. Apa itu pola 43? Pola 43 yaitu suatu rumus/formula untuk menentukan/menemukan posisi nada ke 3 dan ke 5 dengan berpatokan pada nada ke 1 dalam skala mayor. Dengan bantuan pola ini kita dapat megirit waktu penghafalan ratusan chord tersebut yang seharusnya memakan waktu berhari - hari atau bahkan berbulan - bulan menjadi hanya beberapa menit saja.

1. CHORD MAYOR.

Dalam membentuk chord mayor, nada - nada yang harus kita tekan/mainkan secara bersamaan yaitu nada 1, nada 3, dan nada 5. Dengan bantuan pola 43 diatas, kita bisa menemukan chord - chord mayor dengan mudah tanpa harus menghafalnya satu persatu.

Biar mudah dipahami saya akan memberikan satu contoh. Misalnya disini kita akan mencari chord C mayor, otomatis nada pertamanya yaitu nada C.

  • Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mencari middle C (C tengah pada keyboard). Setelah ketemu tekan tuts dengan nada C tersebut (sebagai nada ke 1 dari chord C mayor) dengan ibu jari tangan kanan. 
  • lalu pindah sebanyak 4 step/tuts ke arah kanan (tuts hitam juga dihitung) maka kita akan bertemu dengan nada E (sebagai nada ke 3 dari chord C mayor) dan tekan tuts tersebut dengan jari tengah.
  • Selanjutnya kita tinggal menemukan nada terakhir (nada ke 5) pembentuk chord C mayor yaitu nada G. Caranya, dari posisi nada E tersebut, pindah sebanyak 3 step/tuts ke arah kanan dan tekan dengan jari kelingking. Maka terbentuklah chord C mayor. Berikut screen shot gambarnya :
Metoda Pembentukan Chord Piano

notes :
  • Tulisan berwarna merah menunjukan jumlah perpindahan dari nada awal ke nada ke 3 (4 tuts) dan dari nada 3 ke nada ke 5 (3 tuts).

OK. Sekarang kita akan coba temukan chord C#Mayor dengan metoda yang sama seperti contoh diatas :
  • Pertama kita cari nada C# yang letaknya berada disamping kanan nada C yang kita cari sebelumnya(yaitu tuts hitam) dan tekan tuts hitam tersebut dengan ibu jari. 
  • Dari tuts hitam tersebut (C#), pindah sebanyak 4 step/tuts ke arah kanan, sehingga anda akan bertemu dengan nada F dan tekan tuts yang bernada F tersebut dengan jari tengah.
  • Langkah terakhir tinggal menemukan nada ke 5 nya. dari nada F tersebut, pindah sebanyak 3 step/tuts ke arah kanan dan anda akan bertemu dengan nada G#. Maka jadilah chord C#Mayor. 
Bagaimana? sangat mudah bukan! dan selanjutnya tugas anda yaitu menemukan chord mayor lainya (DMayor, D#Mayor, EMayor, FMayor, F#Mayor, GMayor, G#Mayor, AMayor, A#Mayor, dan BMayor) dengan cara yang sama seperti cara diatas. Dan jika anda sudah berhasil menemukan semua nada chord mayor, maka selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan berikutnya yaitu mencoba menemukan chord minor.

2. CHORD MINOR.

Untuk menemukan chord minor bukanlah hal yang sulit, caranya hampir sama dengan cara mencari chord mayor diatas namun bedanya hanya pada bagian nada ketiganya saja, jika pada chord mayor nada - nada yang harus ditekan adalah nada 1, 3, 5. Sedangkan pada chord minor nada - nada yang harus ditekan adalah nada 1,3b, 5. maksud dari 3b yaitu turunkan nada ke 3 sebanyak setengah nada. Jadi, jika chord C mayor terdiri atas nada C, E, dan G. Maka chord C minornya adalah C, Eb, dan G. 

Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan diatas yaitu untuk membentuk chord mayor gunakan pola 43, sedangkan untuk membentuk chord minor gunakan pola kebalikanya yaitu 34.  Berikut screen shoot gambar pembentukan pola chord minor :

Cara Cepat Menghafal Chord Piano


Demikian tutorial singkatnya, silahkan dicoba dan praktekan. Nantikan juga postingan terbaru dari zonaotentics. See you next time dan selamat bereksperimen.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Cepat Menghafal Chord Piano
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
Anonymous
March 30, 2022 at 9:06 PM

Cara Cepat Menghafal Chord Piano - Zonaotentics >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Cepat Menghafal Chord Piano - Zonaotentics >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Cepat Menghafal Chord Piano - Zonaotentics >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Reply