Thursday, January 30, 2014

Cara cepat menghafal chord mayor 7th pada piano

Aturan pembentukan dan cara cepat menghafal chord mayor 7th pada piano. Halo apa kabar musiker, menyambung pelajaran yang sebelumnya, kali ini kita akan bahas apa itu chord mayor 7th. Chord mayor 7th merupakan salah satu pengembangan dari chord mayor. Seperti yang sudah kita pelajari pada pelajaran sebelumnya, bahwa chord mayor hanya terdiri atas 3 nada, sedangkan chord ini terdiri atas 4 nada dari tangga mayor.  Nada - nada apakah itu? yaitu nada ke 1, 3, 5, dan 7. Karena adanya penambahan nada ke 7 tersebut maka chord ini dinamakan chord mayor 7th. Jadi terungkaplah satu kasus mengenai asal - usul penamaan chord mayor 7th. Berikut tabel pembentukan chord mayor 7th berdasarkan skala mayor.

Cara cepat menghafal chord mayor 7th pada piano

Tabel diatas merupakan tabel skala mayor mulai dari nada dasar C hingga nada dasar B. Kolom yang berwarna merah ialah nada - nada pembentuk chord mayor 7th (kolom 1, 3, 5, 7). Sebagai contoh misal, kita memainkan chord E mayor 7th otomatis nada dasarnya E. Pada nada dasar E/Chord E mayor 7th tekan nada - nada yang ditunjukan oleh kolom berwarna merah (E, G#, B, dan D#) secara bersamaan maka terbentuklah chord E mayor 7th. 

Nah selanjutnya tugas kita yaitu memecahkan kasus ke 2 yaitu menemukan pola/rumus pembentukan dari chord mayor 7th tersebut. Bagaimanakah caranya? tenang - tenang, gampang kok. OK! Saya akan kasih 2 contoh bentuk chord mayor 7th, tapi untuk contoh kali ini nada dasarnya saya ganti dengan yang lainnya. Akan jadi membosankan kalo nada dasarnya C melulu. Pokoknya untuk postingan kali ini kita akan tampil beda OK! Perhatikan screenshot cuplikan dibawah ini :

Cara cepat menghafal chord mayor 7th pada keyboard
Gambar 1.

Cara cepat menghafal chord mayor 7th pada keyboard
Gambar 2.

Note :
  • Angka yang berwarna merah menunjukan jarak dalam satuan tuts.
  • Angka yang berwarna biru menunjukan urutan nada. untuk menentukan urutan ini gunakan interval skala mayor.
  • Tuts yang berwarna hijau merupakan tuts - tuts yang harus ditekan.
Gambar diatas merupakan bentuk chord 'E Mayor 7th' dan 'G Mayor 7th'. Coba dihitung jarak nada 1 ke nada 3 dari masing - masing bentuk chord diatas (angka warna merah). Selanjutnya, hitung jarak nada 3 ke nada 5 dari masing - masing bentuk chord. Dan yang terakhir, hitung jarak nada 5 ke nada 7 dari masing - masing bentuk chord. Apakah hasil hitungan anda sama dengan hasil dibawah :

  • Chord E Mayor 7th mempunyai pola 434.
  • Chord G Mayor 7th juga mempunyai pola 434.
  • Hal ini juga berlaku untuk nada dasar lainnya pada chord mayor 7th.
Maksud dari pola 434 diatas adalah :
  • Jarak dari nada 1 ke nada 3 = 4 tuts, dan
  • Jarak dari nada 3 ke nada 5 = 3 tuts, dan
  • Jarak dari nada 5 ke nada 7 = 4 tuts.
Nah! terungkap sudah kasus kita yang kedua. Sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Silahkan gunakan pola / rumus 434 diatas untuk menemukan bentuk - bentuk chord mayor 7th dalam nada dasar lainnya. Nantikan update tutorial terbaru mengenai piano yang akan segera admin posting next time OK! Selamat bereksperimen!

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara cepat menghafal chord mayor 7th pada piano
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.