Friday, May 2, 2014

Simbol - simbol notasi musik

Simbol - simbol dalam notasi musik.  Dalam sebuah partitur atau tablatur ada banyak sekali macam simbol yang digunakan. Simbol - simbol tersebut berfungsi untuk memberikan petunjuk bagaimana seharusnya sebuah nada dimainkan. Pemahaman simbol - simbol tersebut akan membantu seseorang dalam menguasai sight reading skill (kemampuan membaca not balok). Sight reading skill bukanlah sesuatu yang mudah untuk dikuasai,  Untuk bisa menguasai sight reading skill ini dibutuhkan kerja keras, keuletan, dan kedisiplinan dalam latihan. Sight reading skill bisa dibilang sebagai puncak dari pembelajaran notasi musik. Seseorang yang bisa menulis dan membaca notasi musik dengan lancar bisa dibilang bahwa mereka sudah berada di High levelnya musisi. 

Bagi yang baru belajar notasi musik jangan pernah berpikir bahwa itu sulit. Buang pikiran tersebut jauh - jauh dan buka mata lebih lebar. Anggaplah semua yang sulit itu mudah dan percaya pada diri sendiri bahwa Anda pasti bisa menaklukanya. Baik sebelum kita masuk ke inti masalah pokok tentang simbol - simbol notasi musik, terlebih dahulu saya akan jelaskan perbedaan dari partitur dan tablatur. Sebagai contoh perhatikan screenshoot gambar dibawah ini.

Simbol - simbol notasi musik

Pada gambar diatas simbol notasi yang dilingkari oleh kotak warna merah disebut dengan partitur , sedangkan simbol notasi yang dilingkari oleh kotak warna biru disebut dengan tablatur . Partitur lebih sering digunakan untuk menuliskan notasi musik yang dimainkan dengan piano . Dan tablatur digunakan untuk menuliskan notasi musik yang dimainkan dengan alat musik gitar . OK .. selanjutnya kita akan bahas tentang simbol - simbol notasi yang digunakan dalam partitur dan tablatur.

A. Simbol Notasi pada Partitur.

1. Garis Paranada .

Garis paranada adalah garis yang menbentang dari kiri kekanan yang terdiri atas 5 garis dan 4 spasi. Garis dan spasi ini digunakan sebagai tempat menulis not - not. Semakin tinggi garisnya maka akan semakin tinggi nadanya.

2. Garis Bar.

Garis bar terdiri atas 2 jenis yaitu garis bar tunggal dan garis bar ganda (double bar). Garis bar tunggal digunakan untuk membatasi jumlah not berdasarkan jumlah ketukan / birama. Sedangkan garis bar ganda atau double bar biasa dituliskan diakhir sebuah notasi musik.

3. Tanda Kunci (Simbol Notation).

Simbol atau tanda ini biasa dituliskan dibagian awal / kiri partitur. Tanda ini menunjukan range not yang dimainkan. Misalnya kunci G (treble) dan kunci F (bass).

4. Tanda birama (Time Signature).

Simbol ini terletak setelah tanda kunci (clef). Tanda ini ditulis biasa ditulis dalam bentuk bilangan pecahan seperti 4/4, 2/4, 3/4, dan lainnya. Misalnya tanda birama 2/4. Maksudnya yaitu mainkan 2 ketukan dalam setiap barnya dimana setiap ketukanya bernilai 1/4 not (not 1/4). Singkatnya angka 2 menunjukan jumlah ketukan dan angka 4 menunjukan nilai not yang dimainkan.

5. Note.

Note digunakan untuk menuliskan nada - nada. Note terdiri atas beberapa range / interval / durasi seperti note 1 (penuh) bernilai 4 nada, note 1/2, note 1/4, note 1/8, dan kelipatanya.

6. Tanda Istirahat (Rest Simbol).

Tanda ini disebut juga dengan tanda jeda. Tanda istirahat juga memiliki durasi sama halnya dengan note diatas. Contoh: istirahat penuh / 1, 1/2, 1/4, 1/8, dan kelipatanya.

7. Tanda Accidental (Kress dan Mol).

Tanda accidental ini terdiri atas 2 jenis. Yang pertama disebut dengan tanda kress (#) fungsinya untuk menaikan nada sebesar setengah nada. Dan yang kedua disebut dengan tanda mol (b) fungsinya untuk menurunkan nada sebesar setengah nada.

8. Tanda Tie (Tanda Penghubung).

Tanda ini berbentuk lengkungan yang menunjukan kaitan dari dua buah note.

9. Tanda Tempo.

Menunjukan tingkat kecepatan dalam memainkan notasi musik tersebut.

B. Simbol Notasi Pada Tablatur.

1. 6 Buah Garis horizontal.

Garis ini mewakili ke 6 senar gitar. Garis yang paling atas menunjukan senar yang pertama (senar 1), sedangkan garis yang paling bawah menunjukan senar yang keenam (senar 6).

2. Angka digaris.

Angka yang ditulis pada garis menunjukan no kolom gitar yang akan ditekan.

3. Tanda tuning.

Menunjukan jenis steman atau tuning yang digunakan. Misalnya tuning standar atau tuning down 1/2 step.

Bagikan

Jangan lewatkan

Simbol - simbol notasi musik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

11 comments

Tulis comments
avatar
January 22, 2015 at 2:37 PM

ini sih susah d baca buat orang bego

Reply
avatar
Anonymous
October 4, 2015 at 6:13 PM

Kalau bisa dengan petunjuk gambar karena gak semua orang mengerti ini

Reply
avatar
Anonymous
December 5, 2017 at 1:10 PM

yg dimaksud tanda (-) dalam lagu itu apa

Reply
avatar
January 5, 2018 at 11:30 PM

Apa arti simbol ^ biasanya terdapat pada bagian atas not angka

Reply
avatar
January 5, 2018 at 11:31 PM

Apa arti simbol ^ biasanya terdapat pada bagian atas not angka

Reply
avatar
November 25, 2018 at 8:44 PM

Kan udah dijawab diatasi mas..

Reply
avatar
April 28, 2019 at 7:17 AM

Kalau arti tanda < dan > itu apa??

Reply
avatar
Anonymous
March 30, 2022 at 9:06 PM

Simbol - Simbol Notasi Musik - Zonaotentics >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Simbol - Simbol Notasi Musik - Zonaotentics >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Simbol - Simbol Notasi Musik - Zonaotentics >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Reply