Saturday, May 3, 2014

Cara menggabungkan dan membagi file dengan hjsplit

Cara menggabungkan dan membagi file dengan hjsplit - Hjsplit merupakan sebuah software yang biasa digunakan untuk keperluan menggabungkan (joining) dan memecah/membagi (split) file - file yang berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Setiap file yang dipecah atau dibagi dengan software hjsplit ini akan berubah format/ekstensinya menjadi 001, 002, 003 dan seterusnya, tergantung berapa banyak pemecahan file yang kita inginkan. Dan apabila file dengan format/ekstensi 001 tersebut digabungkan kembali maka format file tersebut akan kembali ke format asalnya. 

Sebagai contoh misal kita punya sebuah file video dengan format/ekstensi mp4. Jika file tersebut kita pecah atau split menjadi beberapa bagian dengan hjsplit, maka formatnya akan berubah dari mp4 menjadi 001, 002, 003, dan seterusnya sesuai dengan jumlah pembagian yang kita inginkan. Dan jika digabung maka file dengan format 001 tersebut akan kembali ke format aslinya (mp4). Perlu diingat bahwa file mp4 yang masih dalam format 001 tidak bisa diputar dimedia player. Agar file tersebut bisa diputar di media player, maka harus terlebih dahulu di join dengan hjsplit.

Mungkin sebagian dari anda pernah mendownload sebuah software ataupun video yang berukuran besar dari sebuah situs ataupun blog, namun file tersebut tidak diupload secara utuh atau tunggal melainkan dibagi menjadi beberapa bagian atau part. Itu semua dilakukan oleh adminya mengingat bahwa tidak semua orang mempunyai akses internet yang cepat dan lancar. Selain itu jika file ukuran besar tersebut tidak dibagi takutnya disaat pengunjung melakukan download terjadi gangguan sinyal atau proses download terputus dan ditambah lagi dengan tidak adanya pilihan resume download disitus yang bersangkutan, maka dengan terpaksa dan mau tidak mau pengunjung tersebut harus mengulang kembali proses download dari awal. Lama .. lama ... dan lama .. 

OK berikut akan saya jelaskan bagaimana cara menggabungkan file dengan format/ekstensi 001 tersebut dengan hjsplit. Untuk mendapatkan software hjsplit silahkan kunjungi situs resminya. Jika sudah punya silahkan ikuti langkah demi langkah berikut.

Cara menggabungkan file dengan hjsplit :

  • Langkah pertama pastikan bahwa semua file yang akan digabungkan sudah terdownload semua.
  • Letakan semua file yang akan digabungkan tersebut dalam folder yang sama.
  • Jika sudah, silahkan jalankan software hjsplitnya.
  • Jika ingin menggabungkan file pilih tombol join. Pada contoh kali ini saya akan contohkan bagaimana cara menggabungkan file CorelDraw yang sudah saya download dan terdiri atas 3 part/bagian. Berikut screenshootnya.
Cara menggabungkan file dengan hjsplit

  • Untuk menggabungkan ketiga file tersebut klik tombol join pada jendela warna hijau yang muncul. Maka selanjutnya akan muncul jendela join berwarna ungu. berikut screenshootnya.
Cara menggabungkan file dengan hjsplit

  • Selanjutnya klik tombol "Input File", dan cari file yang akan kita gabungkan (dalam hal ini file coreldraw yang berekstensi 001, 002, dan 003). Saat mencari file input ini, file yang terbaca hanyalah file dengan format/ekstensi 001 sedangkan yang 002 dan 003 tidak terbaca. Kenapa begitu ? Ya memang begitulah cara hjsplit bekerja. Jadi jangan sampai keliru ya sob. Untuk lokasi "Ouput" atau hasil join file secara otomatis akan diset sama dengan lokasi file sumber. Lalu klik tombol "Start".
  • Tunggu proses join selesai.
  • Untuk melihat hasil joinya silahkan lihat dilokasi file sumber (tempat file 001, 002, dan 003 diletakan).
  • Finish.

Cara membagi file dengan hjsplit :


  • Siapkan file yang akan dipecah menjadi beberapa bagian (dalam contoh kali ini saya akan memecah /split file mp4 menjadi beberapa bagian). File ini saya simpan di partisi F dalam folder musik. Berikut screenshootnya sebelum di split.

  • Jalankan software hjsplitnya.
  • Lalu pilih tombol split. Maka selanjutnya akan muncul jendela split berwarna coklat. Berikut screenshootnya.

  • Pada jendela split yang muncul (warna coklat) klik tombol "Input File" lalu cari file mp4 yang akan dipecah/split dan klik tombol open. Untuk "Output" atau file hasil split secara otomatis lokasinya akan sama dengan Input File.
  • Untuk menentukan besar file per bagianya, silahkan tentukan besar rangenya sendiri pada "Split file size". Pada contoh kali ini saya set besar file per bagian/partnya sebesar 10000 Kb.
  • Jika semuanya sudah diset. Selanjutnya tinggal klik tombol "Start" untuk memulai proses split. Berikut screenshoot hasilnya setelah di split.
Cara menggabungkan file dengan hjsplit

  • Finish. Selamat bereksperimen!








Bagikan

Jangan lewatkan

Cara menggabungkan dan membagi file dengan hjsplit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.