Monday, March 17, 2014

Tangga Nada Blues

Belajar tangga nada blues. Pada pelajaran sebelumnya kita sudah bahas mengenai seluk beluk tangga nada pentatonik, baik mayor maupun minornya (bagi yang belum silahkan lihat disini). Jika skala/tangga nada pentatonik terdiri dari 5 nada, maka pada skala/tangga nada blues terdiri atas 6 nada. Skala blues sering dikolaborasikan/dipadukan dengan musik - musik aliran rock, jazz, dan tentunya blues. Sama halnya dengan skala pentatonik yang telah kita pelajari sebelumnya, skala blues juga terbagi atas 2 jenis yaitu skala blues mayor dan skala blues minor.

  • Skala blues mayor
Interval / jarak antar nada dari tangga nada blues mayor ini = 11/2, 1, 1/2, 1/2, 1, 11/2.

Untuk menemukan skala blues mayor ini. Kita akan gunakan skala pentatonik mayor sebagai patokan. Caranya, nada ke 2 dan ke 3 dari skala pentatonik mayor dinaikan 1/2 nada dan tambahkan sebuah nada lagi diantara nada ke 3 dan nada ke 4 yang mana nada tersebut mempunyai jarak 1/2 nada lebih tinggi dari nada ke 3 dan 1/2 nada lebih rendah dari nada ke 4. Sedangkan untuk nada 1 dan 5 tetap. Biar lebih jelas silahkan lihat screenshot berikut.


Table diatas merupakan pengembangan dari tabel skala pentatonik mayor menjadi tabel skala blues mayor. Perubahanya terletak pada nada ke 2 dan ke 3 yang dinaikan sebesar 1/2 nada dan memberikan nada tambahan (kolom warna merah) dimana nada tambahan ini mempunyai jarak 1/2 nada lebih tinggi dari nada ke 3 atau 1/2 nada lebih rendah dari nada ke 4. Silahkan bandingkan dengan tabel skala pentatonik mayor yang sudah diposting sebelumnya (lihat disini).

  • Skala blues minor
Interval / jarak antar nada dari tangga nada blues minor ini = 11/2, 1, 1/2, 1/2, 11/2, 1.

Jika skala blues mayor sudah ditemukan, maka untuk menemukan skala blues minornya cukup mudah. Dengan berpatokan pada tabel diatas, naikan nada terakhir dari skala blues mayor tersebut sebesar 1/2 nada, maka terbentuklah skala blues minor. Sehingga tabelnya akan menjadi seperti screenshot gambar dibawah.


Note :
  • 11/2 dibaca satu setengah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tangga Nada Blues
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 comments

Tulis comments
avatar
Anonymous
September 13, 2014 at 12:35 PM

Terima kasih buanyaaakkk... it's really helpful

Reply