Tuesday, March 18, 2014

Cara mudah membuat file image (ISO/NRG) dengan ultraiso

Cara mudah membuat file image atau iso dengan ultraiso. File berupa image merupakan file hasil duplicat isi sebuah CD/DVD ke dalam bentuk soft CD/DVD. Biasanya file image ini kebanyakan berekstensi/bertipe ISO atau NRG. Namun kebanyakan orang - orang lebih sering menyebutnya file ISO daripada file image. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat file ISO/image ini, beberapa contoh diantaranya yaitu nero, ultraiso, power iso, ashampoo burning studio, dan masih banyak lagi. Lalu timbul pertanyaan, setelah file imagenya (ISO/NRG) terbentuk, bagaimana cara membuka file dalam bentuk image tersebut (ISO/NRG)? Caranya gampang. Sebagai contoh dalam hal ini kita akan gunakan aplikasi ultraiso. Sengaja saya pilih ultraiso karena penggunaanya yang gampang dan user frendly.  Pertama siapkan aplikasi ultraisonya. Jika sudah punya silahkan langsung diinstal, maka secara otomatis virtual CD/DVD akan terpasang di my computer. Silahkan dicek pada my computernya dengan cara double click pada icon my computer, maka disana nantinya akan ada 2 buah icon CD/DVD drive yang terlihat, yang satu adalah icon CD/DVD drive dari computer teman - teman yang biasa digunakan untuk membuka hard CD/DVD. Dan yang satunya lagi yaitu icon CD/DVD virtual bawaaan ultraiso yang nantinya akan kita gunakan untuk membuka soft CD/DVD yang berekstensi/bertipe ISO, NRG, atau lainnya.

Sebenarnya pembuatan file image ini dimaksudkan untuk membackup/mengkloning data yang bersumber dari CD/DVD. Dan jika sewaktu waktu CD/DVD nya mengalami hang, rusak, lecet, tergores, dan pastinya tidak bisa diputar lagi, maka dengan backup yang sudah kita buat kita tinggal memburningnya ke CD/DVD blank yang baru. Untuk CD/DVD blank bisa didapatkan di toko photocopy atau ditoko komputer, harganya sangat bervariasi, semua tergantung kualitas. Jadi bagi teman - teman yang punya CD/DVD lagu, movie, driver, ataupun software sebaiknya dibuatkan backupnya dalam bentuk image, karena lebih ringan/tidak membebani komputer, dan aksesnya juga lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan CD/DVD hardnya. OK .... tanpa panjang lebar lagi, silahkan ikuti langkah demi langkah berikut.

Proses Pembuatan CD/DVD Image :

  • Pertama masukan CD/DVD yang akan dibackup/dikloning menjadi file ISO/NRG ke drive CD/DVD komputernya.
  • Kemudian jalankan program aplikasi ultraisonya
  • Setelah muncul jendela utamanya, Klik menu Tools yang ada dibagian atas lalu akan muncul beberapa kategori. Dari kategori yang muncul pilih Make CD/DVD Image. Maka akan muncul jendela baru. 
  • Pada jendela baru yang muncul. Di bagian CD/DVD drive seting/arahkan ke CD/DVD drive sumber (file sumber).
  • Selanjutnya pada bagian Read Options centang Pilihan Enable ISO Volume Filter.
  • Pada bagian Output FileName silahkan atur sendiri nama file dan dimana file akan disimpan dengan mengklik tombol titik - titik yang berada disebelah kananya.
  • Dan yang terakhir pada bagian Output Format silahkan pilih jenis output/ekstensi/tipe file yang diinginkan (secara default ISO).
  • Terakhir klik tombol Make untuk melanjutkan ke proses pembuatan file. Berikut screenshoot gambarnya.
Cara mudah membuat file image (ISO/NRG) dengan ultraiso


Cara File Image (ISO/NRG/tipe lainya) :
  • Double klik my computer kemudian pilih CD/DVD virtual bawaan ultraiso. Berikut screenshoot gambarnya.
Cara mudah membuat file image (ISO/NRG) dengan ultraiso
  • Klik kanan pada drive yang ditunjuk oleh anak panah diatas. Drive yang diatasnya adalah drive CD/DVD komputer bukan drive virtual.
  • Setelah diklik kanan kemudian pilih UltraISO >> Mount...
  • Setelah itu akan muncul jendela yang namanya Open ISO File. Silahkan cari file image yang telah dibuat sebelumnya. Jika sudah ketemu, klik filenya dan klik tombol Open. Maka filenya akan terbuka. Untuk membuktikanya silahkan double klik drive virtualnya (seperti yang ditunjukan anak panah) untuk melihat isi CD/DVD nya.
  • Finish.










   

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara mudah membuat file image (ISO/NRG) dengan ultraiso
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.