Sunday, March 16, 2014

Tangga nada pentatonik

Belajar tangga nada pentatonik. Dalam dunia musik ada beragam jenis skala atau tangga nada, beberapa diantaranya yaitu skala mayor, minor, pentatonik, blues, jaz, ionian, dorian, phrygian, lydian, mixolydian, Aeolian, locrian, dan masih banyak lagi. Setiap skala mempunyai karakteristik/aturan jarak nada dan jumlah nada yang berbeda - beda. Ada yang terdiri dari 7 nada (contoh : mayor dan minor) dan ada yang terdiri atas 5 nada saja (contoh : pentatonik). OK .... pada postingan kali ini. kita akan fokuskan pada salah satu skala saja yaitu skala pentatonik. Namun sebelum masuk dalam pembahasan ada baiknya bagi teman - teman semua untuk mempelajari skala mayor, karena basic dari skala pentatonik ini adalah skala mayor. Skala mayor tidak hanya menjadi basic/dasar dari skala pentatonik, namun hampir sebagian besar skala - skala yang ada saat ini berpatokan pada skala mayor. Penguasaan dan pemahaman skala mayor yang baik akan mempermudah kita nantinya untuk memahami skala pentatonik, sehingga bisa menghemat waktu pembelajaran.

Skala pentatonik adalah tangga nada yang tersusun atas 5 nada. Banyak gitaris - gitaris handal dari grup band ternama didunia yang sering menggunakan tangga nada ini untuk mengiringi setiap lagu yang mereka ciptakan dengan liukan lead yang begitu memukau. Tangga nada ini sejatinya terbagi atas 2 jenis yaitu pentatonik mayor dan pentatonik minor.


  • Pentatonik Mayor.
Tangga nada pentatonik mayor ini mempunyai interval / jarak antar nada = 1, 1, 11/2, 1, 11/2

Tangga nada pentatonik

Tabel diatas adalah tabel skala mayor dari nada dasar C hingga nada dasar B. Tabel diatas akan kita jadikan acuan untuk mencari skala pentatonik mayor. Seperti yang kita ketahui skala pentatonik hanya terdiri atas lima nada saja. Lalu nada - nada apa sajakah yang digunakan pada skala pentatonik mayor ? Yaitu nada - nada yang selain dari nada ke 4 dan nada ke 7 dari skala mayor. Singkatnya, untuk skala pentatonik mayor nada - nada yang berada pada kolom 4 dan 7 tidak digunakan). 

  • Pentatonik minor.
Tangga nada pentatonik minor ini mempunyai interval / jarak antar nada = 11/2, 1, 1, 11/2, 1

Tangga nada pentatonik

Tabel diatas adalah tabel skala minor dari nada dasar C hingga nada dasar B. Tabel diatas akan kita jadikan acuan untuk mencari skala pentatonik minor. Lalu nada - nada apa sajakah yang digunakan pada skala pentatonik minor ? Yaitu nada - nada yang selain dari nada ke 2 dan nada ke 6 dari skala minor (seperti yang ditunjukan pada kolom berwarna merah). Singkatnya untuk skala pentatonik minor, nada - nada yang berada pada kolom 2 dan 6 tidak digunakan. 

Note :
- 11/2 dibaca satu setengah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tangga nada pentatonik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 comments

Tulis comments
avatar
August 24, 2019 at 9:18 AM

Terima kasih. Artikelnya sangat bermanfaat

Reply
avatar
December 8, 2019 at 12:15 PM

Terima kasih. Sudah membantu🙏🏻

Reply
avatar
Anonymous
March 30, 2022 at 9:06 PM

Tangga Nada Pentatonik - Zonaotentics >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Tangga Nada Pentatonik - Zonaotentics >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Tangga Nada Pentatonik - Zonaotentics >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Reply