Thursday, March 13, 2014

Burning mp3 ke CD dengan ashampoo burning studio

Cara burning mp3 ke CD/DVD dengan ashampoo burning studio. Ada banyak sekali software burning yang beredar di dunia maya saat ini, ada Alkohol 120%, Ultra iso, Power iso, Daemon tools, GiliSoft secure disk creator, WinX DVD ripper platinum, Win iso standar, Cyberlink power2Go Platinum, BurnAware professional, Nero burning room, dan banyak lagi. Namun para pembaca semua ada yang tahu tidak dengan aplikasi yang satu ini 'ashampoo burning studio', mungkin para pembaca semua lebih familiar dengan yang namanya nero burning room untuk urusan bakar - membakar CD/DVD. Aplkasi ini tergolong baru atau lebih pasnya yaitu pendatang baru. Ashampoo burning studio merupakan sebuah aplikasi yang mirip dengan nero burning room, namun dari segi ukuran lebih kecil dan tampilanya lebih simpel serta mudah untuk digunakan (user friendly). Dalam aplikasi ini banyak sekali tool - tool yang disediakan diantaranya Burn Data seperti pictures dan document, Backup or Restore, Music seperti mp3 dan wma format, Burn Movies, Copy Disc, Disc Image, Expert Functions, Erase Disc, Convers, Labels, Booklets, dan  lainya.

Pada posting kali ini admin hanya akan fokuskan pada burning data (khususnya mp3) dengan menggunakan ashampoo burning studio 2013. Untuk memindahkan data berupa music mp3 ke CD, DVD, atau Blu-ray Disc harus dilakukan dengan cara burning, dan tidak bisa dilakukan layaknya mengcopy paste file ke flashdisk. OK ... sebelum mulai proses burning coba dicek pada bagian CD/DVD drive yang ada di PC atau laptopnya, apakah disana ada terdapat tulisan combo atau multi. Jika pada bagian drive CD/DVD terdapat tulisan tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa drive CD/DVD nya support untuk melakukan burning, Namun jika pada CD/DVD drivenya hanya ada tulisan CD atau DVD saja tanpa adanya embel - embel combo, multi, supermulti, atau yang sejenisnya, maka fungsinya hanyalah sebatas untuk membaca CD/DVD saja (tidak support untuk burning). Bagi yang tidak support, silahkan diupgrade dahulu CD/DVD drivenya. Kalau untuk PC harga 1 buah drive CD/DVD saat ini lebih kurang Rp. 250.000. Dan bagi yang punya laptop, notebook, atau ultrabook yang tidak support untuk burning atau yang tidak dilengkapai CD/DVD drive silahkan gunakan CD/DVD drive eksternal yang banyak dijual dipasaran. Untuk harga CD/DVD drive eksternal memang agak sedikit lebih mahal dari harga drive internal.

Jika semua ketentuan dan syarat spesifikasi diatas sudah terpenuhi selanjutnya kita langsung saja mulai proses burningnya. Berikut langkah demi langkahnya :


  • Buka / jalankan aplikasi ashampoo burning studionya.
  • Karena file yang akan kita burning berupa mp3, maka selanjutnya pilih menu Music dan dari beberapa kategori yang muncul pilih Create an MP3 CD/DVD/Blu-ray Disc seperti yang terlihat dari screenshot gambar dibawah.
Burning mp3 ke CD dengan ashampoo burning studio

  • Selanjutnya tambahkan mp3 yang ingin kita burning ke dalam list dengan mengklik tombol add, dan kemudian silahkan cari file mp3 dari jendela Add Files and Folders yang muncul. Jika sudah ketemu, select file mp3 nya dan kemudian klik tombol add. Setelah semua mp3 nya ditambahkan, selanjutnya klik tombol close untuk mengakhiri penambahan file. Berikut screen shoot gambarnya.
Burning mp3 ke CD dengan ashampoo burning studio

  • Langkah berikutnya tinggal klik tombol Next dan pada jendela baru yang muncul klik tombol Write untuk melanjutkan ke proses burning. Proses burning akan memakan waktu hingga beberapa menit, tergantung banyaknya file yang diburning. Oh ya .... sebelum menekan tombol Write, pastikan kalau CD blank atau DVD blank sudah dimasukan ke dalam CD/DVD drive.
  • Notifikasi proses burning complete/succesfull akan muncul, jika proses burning sudah selesai.
  • Finish.






Bagikan

Jangan lewatkan

Burning mp3 ke CD dengan ashampoo burning studio
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 comments

Tulis comments
avatar
October 11, 2014 at 6:56 PM

ane pake asampo 6 gakbrhasil broo inset dis trus pdhl cdrum normal

Reply
avatar
November 5, 2014 at 11:12 PM

coba di cek cd blanknya apakah kapasitasnya terbaca atau tidak, jika tidak ganti cd blank dengan yang baru......

Reply