Wednesday, May 21, 2014

Cara menggunakan scanner canon mx 308

Cara menggunakan scanner canon mx 308 - Apa itu scanner ? Dan untuk apa scanner tersebut ? Mungkin sebagian orang masih banyak yang belum kenal dengan alat yang satu ini. Scanner merupakan sebuah media input device atau alat elektronik yang digunakan untuk memasukan gambar atau dokumen lainnya ke dalam komputer dengan cara melakukan pemindaian. Scanner sangatlah banyak jenisnya, namun pada postingan kali ini kita akan bahas tentang scanner yang tertanam pada printer. Tidak hanya dijual terpisah, sekarang ini scanner lebih sering dijual sepaket dengan printer. Hal itu dilakukan untuk menambah fungsi printer dari satu fungsi menjadi multifungsi. Ngomong - ngomong soal printer multifungsi yang sudah dilengkapi dengan scanner mungkin sudah banyak yang punya. Namun penggunaan hanya sebatas printer. Fungsi scanner pada printer sering terabaikan karena banyak yang tidak tahu apa itu scanner dan bagaimana cara penggunaanya. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa keperluan akan scanner saat ini sangatlah penting khususnya dalam dunia kerja. Saat sekarang ini banyak perusahaan - perusahaan ataupun instansi - instasi yang membuka lowongan pekerjaan secara online dan mengharuskan setiap pelamarnya mengirimkan data seperti ijazah, transkrip nilai, dan data pendukung lainnya dalam bentuk softcopy. Untuk membuat softcopy ini kita membutuhkan alat yang namanya scanner. Penggunaanya pun sangat gampang. Cukup dengan mengkoneksikan printer ke komputer dan jalankan aplikasinya. 

Pada contoh kali ini saya akan contohkan bagaimana cara scan dokumen dengan menggunakan scanner yang sudah terinclude/tertanam dalam printer mx 308. Bagi yang punya printer canon, tapi dengan jenis atau tipe lainnya silahkan disesuaikan. Biasanya cara penggunaanya tidak jauh berbeda. Pada printer mx 308 ini nama aplikasi scannernya yaitu MP Navigator EX 1.0. Dalam aplikasi tersebut disediakan beberapa pilihan seting seperti type document, document size, resolution dan format output dari hasil scan. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini.

Cara scan dokumen dengan scanner canon mx 308 : 

  • Buka cover penutup printernya dan letakan dokumen yang akan discan ditempat pemindaian (kaca pemindai).
  • Jalankan aplikasi MP Navigator EX 1.0 yang sudah terinstal di komputer anda. Caranya klik tombol start >> All Programs >> Canon Utilities >> MP Navigator EX 1.0 >> MP Navigator EX 1.0. Berikut screenshoot gambarnya.
Cara menggunakan scanner canon mx 308

  • Selanjutnya akan muncul jendela baru seperti dibawah ini.
Cara menggunakan scanner canon mx 308

  • Lalu pada jendela diatas pilih menu Scan/Import lalu pilih Photos/Documents (Platen) seperti yang ditunjukan oleh tanda panah diatas. Dan selanjutnya akan muncul jendela baru lagi seperti screenshoot gambar dibawah ini.
Cara menggunakan scanner canon mx 308

  • Pada jendela diatas dibagian "Document Type" silahkan pilih setingan yang sesuai dengan dokumen yang akan discan. Untuk resolution sebaiknya pilih resolution 300 dpi ke atas untuk hasil yang lebih bagus. Dan jika anda ingin menggunakan scanner drive silahkan centang bagian "Use the scanner driver". Namun pada contoh kali ini tidak usah dicentang, biarkan default saja.
  • Jika semua setingan sudah diset, selanjutnya tinggal klik tombol "Scan" untuk memulai proses scan. Proses scan akan berlangsung beberapa detik.
  • Jika proses scan telah selesai, nanti akan muncul jendela pemberitahauan "apakah anda ingin melakukan scan lagi". Jika masih ada dokumen yang akan discan silahkan klik scan dan jika tidak silahkan pilih closed.
  • Terakhir tinggal menyimpan dokumen yang telah discan. Ada 2 pilihan format penyimpanan dokumen hasil scan yaitu dalam bentuk gambar jpeg atau pdf. Silahkan tentukan sendiri.
  • Finish dan selamat bereksperimen!

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara menggunakan scanner canon mx 308
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.