Monday, May 12, 2014

Cara seting taskbar windows 7

Cara seting taskbar windows 7 - Apa itu taskbar ? Taskbar adalah sebuah objek dengan bentuk batangan balok yang terletak dibagian bawah tampilan desktop. Taskbar ini melintang dari kiri hingga kanan tampilan desktop bagian bawah. Dibagian kiri taskbar terdapat tombol "start windows" dan dibagian kirinya terdapat "clock, date, language bar, dan notification". Selain itu kita juga bisa melakukan berbagai seting terhadap taskbar seperti menambahkan beberapa icon aplikasi pada taskbar, menyembunyikan taskbar, mengunci taskbar, mengatur ukuran, serta mengatur posisinya di jendela desktop. Berikut contoh screenshoot gambar dan beberapa setingan yang bisa kita terapkan pada taskbar. 

Cara seting taskbar windows 7

1. Menyembunyikan taskbar dari desktop.

  • Klik kanan pada "taskbar", lalu pilih "Properties". Maka akan muncul jendela seperti dibawah ini.
Cara seting taskbar windows 7

  • Selanjutnya silahkan centang bagian "Auto-hide the taskbar", kemudian klik "Apply" dan "OK".
  • Finish. Silahkan lihat hasilnya di desktop. Untuk memunculkan taskbar ini, kita cukup mengarahkan mouse ke bagian bawah desktop / layar. Dan apabila mousenya dijauhkan dari taskbar, maka taskbar akan hilang kembali.

2. Mengatur posisi taskbar.

Posisi taskbar tidaklah mutlak dibawah desktop / layar. Posisinya bisa diganti - ganti sesuai keinginan, seperti dibagian kanan, bagian kiri, atau dibagian atas desktop / layar. Biar lebih jelas silahkan ikuti langkah - langkah berikut.
  • Klik kanan pada "taskbar" lalu pilih "Properties". Maka akan muncul jendela seperti screenshoot dibawah ini.
Cara seting taskbar windows 7

  • Selanjutnya dibagian "Taskbar location on screen :" pilih posisi taskbar yang anda inginkan. Lalu klik "Apply" dan "OK".
  • Finish. Sebenarnya ada cara mudahnya, yaitu dengan klik dan drag kebagian yang anda inginkan. Namun pastikan kalau taskbarnya tidak dalam keadaan terkunci.

3. Mengunci taskbar.

Fungsi dari setingan ini yaitu untuk mencegah posisi taskbar berpindah. Saat lock taskbar ini aktif, posisi taskbar tidak akan bisa dipindah - pindahkan dengan cara klik dan drag. Untuk mengaktifkan setingan ini cukup dengan klik kanan pada taskbar dan pilih "Lock the taskbar". Berikut screenshootnya.

Cara seting taskbar windows 7

4. Mengatur ukuran taskbar.

  • Klik kanan pada "taskbar" dan pilih "Properties". Maka akan muncul tampilan seperti berikut.
Cara seting taskbar windows 7

  • Langkah selanjutnya silahkan centang bagian "Use small icons" untuk memperkecil ukuran taskbar serta icon - icon aplikasi lainya. Kemudian klik "Apply" dan "OK". 
  • Finish and selamat bereksperimen !

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara seting taskbar windows 7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.