Saturday, May 24, 2014

Jenis atau type data pada microsoft office excel

Jenis atau type data pada microsoft office excel - Sebuah sel pada lembar kerja Excel mempunyai kapasitas data hingga maksimum 32000 karakter. Selain mempunyai batas maksimum kapasitas sel. Sel - sel pada Microsoft Excel hanya dapat diisi dengan dua type data saja, yaitu data berupa konstanta (constant) dan rumus (formula)

Jenis Konstanta

Data konstanta adalah data riil yang diketikkan pada suatu sel. Data ini terdiri atas tiga macam, yaitu:
  1. Nilai numerik atau bilangan yang bernilai. Ciri utama dari konstanta ini ialah dapat dihitung.
  2. Nilai teks atau label, disebut juga nilai string. Terdiri atas teks alfabet, alfa numerik, maupun karakter-karakter khusus. Yang disebut alfabet adalah huruf A s.d. Z, baik yang tersusun dalam bentuk kata maupun individu. Alfa numerik adalah bilangan yang tidak memiliki nilai, seperti nomor, kode, dan sebagainya. Sedangkan karakter khusus adalah semua karakter ASCII maupun ANSI selain huruf dan angka, seperti ~ ! @ # dan sebagainya.
  3. Nilai tanggal dan waktu. Konstanta jenis ini dapat dihitung dan memiliki bentuk atau format penulisan bermacam - macam. 
Selain ketiga jenis tersebut, Excel juga mengenal dua jenis konstanta khusus, yaitu:
  1. Nilai Logika (Logical Value). Nilai ini memiliki dua kemungkinan, yaitu benar dan salah (TRUE atau FALSE). Dengan nilai logika ini, Excel akan dapat menerima perintah dengan syarat.
  2. Nilai Kesalahan (Error Value). Nilai ini akan tampil sebagai reaksi kesalahan dari suatu perintah perhitungan. Apabila ketiga jenis data yang pertama telah Anda paha i, maka buku yang Anda baca ini akan menguraikan mengenai apa dan bagaimana cara memanfaatkan masukan data yang berupa formula dan fungsi dalam Microsoft Excel.

Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis atau type data pada microsoft office excel
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.