Saturday, May 24, 2014

Menggunakan Fasilitas Fungsi Wizard pada microsoft office excel 2007

Menggunakan Fasilitas Fungsi Wizard pada microsoft office excel 2007 - Apa itu function wizard atau fungsi wizard ? Function Wizard merupakan fitur/fasilitas tambahan dari microsoft office excel untuk memudahkan pengguna dalam memasukkan fungsi-fungsi yang tersedia. Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu menghafal seluruh fungsi Excel yang jumlahnya ratusan buah karena Anda akan dipersilakan memilih fungsi yang dikehendaki sesuai dengan kategori masing - masing. Setelah fungsi terpilih, langkah selanjutnya yaitu akan diperlihatkan wizard kedua yang mempersilakan Anda memasukkan masing-masing argumennya. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah demi langkah penggunaan fungsi wizard tersebut sebagai berikut.

  • Silahkan dibuka program aplikasi microsoft office excelnya.
  • Kemudian klik Tab menu Formulas, dan pilih Insert Function sehingga akan muncul jendela Insert Function seperti screenshoot gambar dibawah ini.
Menggunakan Fasilitas Fungsi Wizard pada microsoft office excel 2007

  • Selanjutnya pilih kategori yang dikehendaki pada kotak Or select a category sehingga pada kotak Select Function Name yang berada di bawahnya ditampilkan nama-nama fungsi Excel dari kategori yang dimaksud. Geserlah scroll bar bila nama fungsi yang dikehendaki belum nampak pada kotak tersebut.
  • Langkah selanjutnya pilih fungsi yang akan digunakan dengan mengklik nama fungsi tersebut, kemudian klik tombol OK. Selain itu, Atau bisa juga dengan mengklik ganda pada nama fungsi
  • Selanjutnya akan muncul jendela "Function Arguments". Pada tahap ini kita diminta untuk mengisi kotak argumen dari fungsi tersebut. Untuk mengisikan pada kotak edit tersebut Anda dapat mengklik kotak tersebut kemudian ketikkan argumennya. Apabila argumen berupa referensi sel, selain dengan cara mengetik alamat sel juga dapat dilakukan dengan mengklik maupun memblok sel atau range yang dikehendaki. Berikut screenshoot gambarnya.
Menggunakan Fasilitas Fungsi Wizard pada microsoft office excel 2007

  • Setelah semua argumen diisi, terakhir tinggal klik tombol OK.
  • Finish.


Bagikan

Jangan lewatkan

Menggunakan Fasilitas Fungsi Wizard pada microsoft office excel 2007
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.