Tuesday, June 24, 2014

Cara sharing data di google drive

Cara sharing data di google drive - Ada yang tahu apa itu google drive ? Google drive adalah sebuah layanan penyimpanan data online milik google. Layanan ini dibangun untuk menyimpan dan sharing data secara online dengan batas penyimpanan 5 Gb untuk yang free. Tidak hanya itu, layanan ini juga diintegrasikan dengan berbagai aplikasi online pengolah document lainnya seperti Google Docs, Google Drawings, Google Form, Google Sheets, dan Google Slides. Sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit document yang sudah diupload ke google drive.

Lalu bagaimana cara menggunakan layanan Google drive ini ? Caranya sangat gampang. Asalkan syaratnya terpenuhi. Syaratnya adalah kita harus punya akun google, apakah itu gmail, youtube, blog, g+, dan lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa layanan sepeti gmail, blog, g+, google drive, youtube, google search, google maps, dan lainnya merupakan kepunyaan google. Dengan banyaknya layanan tersebut, google pun memperbarui cara akses ke semua layanan tersebut. Sebelumnya untuk menggunakan semua layanan tersebut kita diwajibkan untuk mendaftar dan login disetiap layanannya. Namun sekarang cukup dengan hanya satu kali pendaftaran/membuat satu account pada salah satu layanan google dan itu berlaku untuk semua layanan google lainnya (Satu account untuk semua layanan). 

Bagi teman - teman yang sudah punya salah satu account google silahkan login ke google drive. Berikut screenshoot dan langkah - langkah cara sharing data di google drive.

Cara sharing data di google drive


  • Setelah login maka akan tampil jendela utama dari google drive.
  • Pertama silahkan buat sebuah folder baru yang nantinya berguna untuk menyimpan data yang akan diupload ke google drive. Caranya klik tombol "CREATE" seperti yang ditunjukan oleh panah no 1 pada gambar diatas. Pada contoh ini foldernya saya beri nama "My Data". Silahkan sesuaikan dengan yang anda inginkan.
  • Jika sudah selanjutnya klik folder yang telah dibuat sebelumnya untuk masuk kedalam folder tersebut.
  • Selanjutnya tinggal mengupload data yang akan disharing. Silahkan klik tombol "Upload" seperti yang ditunjukan oleh panah no 2 pada gambar diatas. atau bisa juga dengan melakukan "drag and drop" data/file yang ingin diupload ke are folder "My Data" yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian silahkan cari file/data yang ingin diupload ke google drive. Jika file yang dinginkan sudah ketemu langsung saja diklik tombol "Open" untuk melakukan proses upload.
  • Tunggu proses upload selesai.
  • Jika proses upload sudah selesai selanjutnya tinggal share data tersebut dengan cara klik kanan file tersebut dan pilih "Share... >> Share..." maka selanjutnya akan muncul jendela seperti dibawah ini.
Cara sharing data di google drive

  • Tulisan yang dilingkari oleh kotak berwarna adalah link file tersebut yang bisa kita bagikan lewat blog atau media lainnya. 
  • Untuk membagikan (sharing) file tersebut ke facebook dan twitter silahkan klik masing - masing iconnya dan login.
  • Untuk mengganti privacy accesnya silahkan klik tulisan "Change..." seperti yang ditunjukan tanda panah no 3 pada gambar diatas.
  • Jika semuanya sudah diseting, selanjutnya tinggal klik tombol "Done".
  • Finish.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara sharing data di google drive
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.