Saturday, June 7, 2014

Format karakter pada microsoft office excel 2007

Format karakter pada microsoft office excel 2007 - Ini merupakan sebuah layanan/fasilitas yang mempermudah setiap pengguna dalam mengelola data - data yang ada dalam setiap cell. Layanan/fasilitas ini berbentuk fungsi dan dengan bantuan fungsi ini, setiap data yang ada dalam cell bisa diambil, disortir, dan diurutkan sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk mengambil data/karakter tertentu dalam suatu cell, kita bisa gunakan fungsi "LEFT, MID, dan RIGHT". Sedangkan untuk menyortir (menyaring data) dan mengurutkan data kita bisa gunakan "Data Sort dan Data Filter". Berikut ulasang lengkapnya.

1. Fungsi LEFT.

Berguna untuk mengambil karakter yang ada pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =LEFT(text,num_chars).

Contoh : KARAKTERISTIK.
Formulanya=LEFT(A1,4) >> maka hasilnya = KARA.
Format karakter pada microsoft office excel 2007

2. Fungsi MID.

Berfungsi untuk mengambil karakter yang ada pada bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =MID(text,start_num,num_chars).
                                                   
Contoh : PEGUNUNGAN.
Formulanya : =MID(A1,4,3) >> maka hasilnya = UNU.
Format karakter pada microsoft office excel 2007

3. Fungsi RIGHT.

Berfungsi untuk mengambil karakter yang ada pada bagian kanan dari suatu teks. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =RIGHT(text,num_chars).                                                                 

Contoh : ANTARTIKA.
Formulanya : =RIGHT(A1,6) >> maka hasilnya = ARTIKA.
Format karakter pada microsoft office excel 2007

4. Data Sort.

Berfungsi untuk mengurutkan data, baik dari yang besar ke yang kecil (Descending) ataupun dari yang kecil ke yang besar (Ascending). Caranya, silahkan blok data yang ingin diurutkan kemudian klik tab menu "Data" yang ada dibagian atas dari microsoft office excel. Kemudian silahkan pilih, mau menggunakan AZ atau ZA. AZ digunakan untuk mengurutkan data dari kecil ke besar (Ascending), sedangkan ZA digunakan untuk mengurutkan data dari besar ke kecil (Descending).
Format karakter pada microsoft office excel 2007

5. Data Filter.

Berfungsi untuk menyaring data yang akan ditampilkan. Caranya, block data yang akan di filter. Kemudian pilih tab menu "Data"  yang ada dibagian atas. Lalu klik icon "Filter". Maka akan muncul tanda segitiga pada setiap field tabel. Silahkan pilih model penyortiran yang diinginkan. Dan untuk menghilangkan tanda segitiga pada field tabel silahkan klik kembali icon "Filter".
Format karakter pada microsoft office excel 2007

Finish dan selamat bereksperimen!                                                

Bagikan

Jangan lewatkan

Format karakter pada microsoft office excel 2007
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.