Saturday, June 14, 2014

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007 - Apa itu Vlookup dan Hlookup ? Itu merupakan sebuah fitur dalam bentuk fungsi yang biasa digunakan untuk mengolah data yang terdiri atas 2 tabel atau lebih. Cara kerja kedua fungsi ini hampir sama yaitu mengisi sell kolom yang kosong pada tabel utama dengan cara mengambil data dalam suatu tabel bantu berdasarkan kunci/referensi dari tabel utama. Kunci atau referensi ini bisa berupa nama, kode, nomor, dan lainnya. Kunci/referensi dari tabel utama tersebut akan dicocokan dengan data yang ada pada tabel bantu. Data yang memenuhi syarat referensi/kunci tersebut nantinya akan ditampilkan pada salah satu kolom/baris tabel utama. Berikut ulasan lengkapnya.

A. Vlookup.

Vlookup berfungsi untuk mengambil data pada tabel bantu yang susunanya berbentuk vertikal seperti contoh screenshoot berikut ini.

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

Pada contoh diatas ada 2 buah tabel, yang satu tabel bantu berbentuk vertikal dan yang satunya lagi adalah tabel utama. Pada tabel utama tersebut terdapat field/kolom "Harga Barang" yang masih kosong. Untuk mengisi field tersebut kita akan gunakan fungsi "VLOOKUP" untuk mengambil data "Harga Barang" yang ada pada "Tabel Bantu". Karena field "Kode" juga terdapat pada tabel bantu, maka untuk referensi atau kunci pencarian kita bisa gunakan field "Kode" yang terdapat pada tabel utama. Berikut bentuk umum dari penulisan fungsi "VLOOKUP". 

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Ket :
  • VLOOKUP = rumus fungsi yang digunakan untuk tabel bantu yang bentuknya vertikal seperti diatas.
  • lookup_value = cell referensi/kunci yang digunakan untuk mencari data pada tabel bantu.
  • table_array = range kolom pencarian data pada tabel bantu. Misalnya pada contoh diatas range tabel bantunya yaitu "A2:C5" atau "$A$2:$C$5" maksudnya dari kolom A2 hingga kolom C5. Atau bisa juga dengan hanya menuliskan nama tabelnya. Cara memberikan nama tabel ini cukup mudah. Sorot atau blok tabel bantu tersebut lalu klik Tab menu "Formulas" lalu pilih "Define Name". Selanjutnya akan muncul jendela "New Name". Pada bagian "Name" silahkan isikan nama tabelnya sesuai dengan yang diinginkan. Lalu klik tombol  "OK".
  • col_index_num = Nomor kolom/field tabel bantu yang akan diambil data/nilainya. Penomoran ini dihitung dari field/kolom paling kiri. Kolom paling kiri nomor indexnya adalah 1, kolom berikutnya adalah 2, kolom berikutnya adalah 3 dan seterusnya. Pada contoh diatas kita akan mengambil data/nilai dari kolom/field "Harga Barang" yang ada pada tabel bantu, maka nomor index kolomnya adalah 3.
  • range_lookup = range ini ada dua type yaitu "TRUE dan FALSE". TRUE digunakan untuk mencari data yang hasilnya tidak harus persis sama tapi kira - kira atau mendekati. Sedangkan FALSE akan mencari data yang tepat atau sesuai dengan kunci/referensi yang diberikan.
Itulah ulasan singkat mengenai fungsi VLOOKUP. Langkah selanjutnya kita akan lengkapi field atau kolom dari tabel utama, yaitu kolom Harga Barang dan Total Harga. Berikut langkah - langkahnya.

1. Mencari Harga Barang.

  • Ketikan =VLOOKUP(B9,$A$2:$C$5,3,FALSE) pada kolom C9 dan kemudian tekan enter, maka akan keluar hasil = 4000000 pada kolom C9.
  • Untuk mencari Harga Barang pada kolom C10, C11, dan C12 tinggal posisikan cursor tepat dibagian pojok kanan bawah kolom C9 hingga cursornya berubah menjadi tanda tambah (+) lalu drag kebawah hingga kolom C12. Lalu lepaskan cursornya, maka harga barang pun didapat.

2. Mencari Total Harga.

  • Selanjutnya kita tinggal mencari kolam/field "Total Harga" dari tabel utama. Caranya kita tinggal kalikan "Harga Barang" dengan "Jumlah Barang".
  • Ketikan =C9*D9 pada kolom E9 lalu tekan enter, maka akan keluar hasil = 4000000 pada kolom E9.
  • Untuk mencari Total Harga pada kolom E10, E11, dan E12 tinggal posisikan cursor pada bagian pojok kanan bawah kolom E9 hingga cursornya berubah menjadi tanda tambah (+) lalu drag kebawah hingga kolom E12. Lalu lepaskan cursornya, dan total harga pun didapat. Berikut screenshoot hasil akhirnya.
Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007



B. Hlookup.

Hlookup berfungsi untuk mengambil data pada tabel bantu yang susunanya berbentuk horizontal seperti contoh screenshoot berikut ini.

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

Untuk mencari field/kolom Harga Barang dan Total Harga caranya hampir sama dengan cara sebelumnya. Berikut bentuk umum penulisan fungsi "HLOOKUP".

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Ket :
  • HLOOKUP = rumus fungsi yang digunakan untuk tabel bantu yang bentuknya horizontal seperti gambar diatas.
  • row_index_num = Nomor baris/row tabel bantu yang akan diambil data/nilainya. Penomoran ini dihitung dari row/baris paling atas. Baris paling atas nomor indexnya adalah 1, baris berikutnya adalah 2, baris berikutnya adalah 3 dan seterusnya. Pada contoh diatas kita akan mengambil data/nilai dari baris/row "Harga Barang" yang ada pada tabel bantu, maka nomor index kolomnya adalah 3.
  • table_array = range kolom pencarian datanya. Pada contoh ini rangenya "B1:E3" atau "$B$1:$E$3" maksudnya dari kolom B1 hingga E3. Atau bisa diganti dengan nama tabel saja.
  • Untuk lookup_value dan range_lookup penjelasanya sama dengan yang telah diuraikan sebelumnya.
Itulah sedikit ulasan singkat mengenai fungsi HLOOKUP. Langkah selanjutnya kita akan lengkapi field atau kolom dari tabel utama, yaitu kolom Harga Barang dan Total Harga. Berikut langkah - langkahnya.

1. Mencari Harga Barang.

  • Ketikan =HLOOKUP(B9,$B$1:$E$3,3,FALSE) pada kolom C9 dan kemudian tekan enter, maka akan keluar hasil = 4000000 pada kolom C9.
  • Untuk mencari Harga Barang pada kolom C10, C11, dan C12 tinggal posisikan cursor tepat dibagian pojok kanan bawah kolom C9 hingga cursornya berubah menjadi tanda tambah (+) lalu drag kebawah hingga kolom C12. Lalu lepaskan cursornya, maka harga barang pun didapat.

2. Mencari Total Harga.

  • Untuk mencari total harga caranya sama dengan cara sebelumnya.
  • Berikut screenshoot gambar hasil akhirnya.
Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

  • Finish dan selamat bereksperimen !

Bagikan

Jangan lewatkan

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.