Sunday, November 2, 2014

Kegunaan capo pada gitar

Kegunaan capo pada gitar - Capo adalah sebuah alat / aksesoris tambahan gitar yang berbentuk seperti jepitan. Fungsi utama dari capo ini adalah untuk mengganti stelan / tuning gitar secepat kilat tanpa harus memutar tuner gitar. Penggunaan capo ini memang sangat efisien, namun itu akan mengurangi jumlah kolom pada fretboard sehingga pergerakan tangan dalam memainkan chord atau melodi menjadi sedikit terbatas.  Berikut screenshoot capo gitar.

Kegunaan capo pada gitar


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tidak semua lagu mempunyai jenis stelan yang sama. Setiap lagu mempunyai jenis stelan yang berbeda - beda. Ada yang menggunakan stelan standard (EBGDAE), stelan Tune Down 1/2 step (D#G#C#F#A#D#), stelan Tune Down 1 step (DGCFAD), dan jenis stelan lainnya. Sebagai seorang pemula tentunya merubah - rubah stelan akan sangat susah dan memakan waktu yang lama. Hal tersebut mungkin akan mudah dilakukan jika kita punya beberapa gitar yang masing - masingnya distel berbeda. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya ? Berikut ada beberapa opsi dan contoh yang bisa dilakukan.

Sebagai contoh misal kita ingin memainkan 2 buah lagu, dimana lagu yang pertama dimainkan dengan jenis stelan standard (EBGDAE) dan untuk lagu yang kedua menggunakan jenis stelan Tune Down 1/2 step (D#G#C#F#A#D#). Berikut solusinya.

  • Jika hanya punya satu gitar dan tidak ada capo = solusinya gitar harus distel secara manual.
  • JIka punya  satu gitar dan punya capo  = solusinya jadikan stelan default gitarnya menjadi Tune Down 1/2 step (D#G#C#F#A#D#) untuk menyanyikan lagu kedua dan jika ingin menyanyikan lagu pertama yang menggunakan stelan standard (EBGDAE), maka tinggal letakan / jepitkan caponya dikolom pertama.
  • Jika punya banyak gitar = solusinya setiap gitarnya distel berbeda, jadi setiap memainkan lagu yang stelanya berbeda tinggal ganti gitarnya. Karena opsi yang ketiga ini tidak menggunakan capo otomatis jumlah kolom tidak berkurang dan pergerakan tangan pun semakin luas.
Untuk harga capo gitar sendiri itu sangat bervarisi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, semua tergantung kualitas. Ingat ! harga berbanding lurus dengan kualitas. Semakin baik kualitas capo semakin tinggi pula harganya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kegunaan capo pada gitar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.