Thursday, June 27, 2013

Pengenalan Borland Delphi 7

Borland Delphi atau biasa disebut dengan Delphi, adalah bahasa pemrograman berbasis visual atau biasa disebut dengan pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming). Dengan konsep ini, maka pembuatan aplikasi menggunakan Delphi dapat dilakukan dengan cepat dan menghasilkan aplikasi yang lebih baik dan tangguh. Dasar bahasa pemrograman yang digunakan adalah pascal. Delphi pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 yang menjadi generasi penerus dari Turbo Pascal yang beroperasi di bawah system operasi Windows.

Delphi merupakan Lingkungan Pemrograman Terintegrasi (Integrate Development Environment / IDE). Delphi bukan bahasa pemrograman, tetapi perangkat lunak yang menyediakan seperangkat alat (tools) untuk membantu pemrogram dalam menulis program komputer. Lalu, bahasa apa yang digunakan oleh Delphi? Delphi menggunakan Object Pascal sebagai bahasa pemrogramannya. Object Pascal merupakan bahasa Pascal yang diberi tambahan kemampuan untuk menerapkan konsep-konsep OOP (Object Oriented Programming). Seluruh sintak Object Pascal menggunakan aturan yang ada di dalam Pascal, termasuk perintah-perintah dasar seperti control structures, variabels, array, dan sebagainya.

Peralatan yang disediakan oleh Delphi memberikan kemudahan bagi pemrogram untuk membuat program secara visual (visual programming), visual programming adalah metoda dimana sebagian atau keseluruhan program dibuat dengan cara ‘menggambar’-kan tampilan / hasil akhir dan kemudian meminta beberapa perangkat untuk membuat kode-kode program berdasarkan gambaran hasil akhir tersebut.

Karena program yang dibuat di dalam Delphi berjalan di dalam sistem operasi Windows maka kegiatan program dilakukan berdasarkan metoda event-driven programms. Event-driven programming adalah metoda mengeksekusi kode program berdasarkan pesan (messages / events) yang diberikan oleh pemakai ataupun oleh sistem operasi atau program lainnya. Sebagai contoh : apabila pemakai menekan tombol kiri mouse dan kemudian melepaskannya dengan cepat (kita mengenal itu sebagai ‘klik’) maka tindakan tersebut akan membuat aplikasi menerima pesan ‘MOUSE DOWN’ yang disertai dengan informasi tombol mana yang ditekan dan lokasi kursor saat ‘klik’ dilakukan, tetapi apabila pemakai menekan tombol kiri mouse dan kemudian menggeser mouse tanpa melepaskan tombol kiri maka aplikasi akan menerima pesan ‘MOUSE MOVE’.

Lingkungan dan Cara Kerja Delphi.

Beberapa peralatan yang disediakan oleh Delphi dan cukup diketahui antara lain:
  • Code Editor
  • Form
  • Object Inspector
  • Component Pallete
  • Project Manager
  • Watch List
  • Compiler dan Linker
  • Debugger
  • dan sebagainya
Berikut screen shotnya :


1. Menu Bar / Menu IDE, berisi menu standar yang terdapat dalam setiap program yang akan disimbolkan dalam ToolBar. Contoh yang terdapat dalam Borland Delphi adalah file, edit, search, view, project, run dll.
2. Object Tree View, digunakan untuk melihat dengan jelas bagaimana hirarkhi komponen-komponen yang ada dalam form aplikasi.
3. Object Inspector adalah peralatan yang digunakan untuk mengatur properti dari komponen yang ada di form termasuk properti form. Object Inspector, digunakan untuk menentukan dan mengubah property (atribut) dan event objek serta bias memilih komponen melalui objek ini. Object Inspector memberi dua macam peralatan, yaitu :
  • Properties
  • Events
Pengenalan Borland Delphi 7

Peralatan Properties adalah peralatan yang digunakan untuk mengubah atau mengatur nilai-nilai dari properti komponen sedangkan Peralatan Events digunakan untuk membuat event-handler. Event handler adalah prosedur yang digunakan khusus untuk menanggapi satu event / message tertentu.
4. Component Pallete, berisi komponen-komponen visual dan non visual yang dapat digunakan untuk merancang antar muka bagi pemakai aplikasi. Component Pallete ini terdiri atas beberapa page yang dipakai sebagai pengelompok jenis komponen.
5. Form Designer, adalah window kosong tempat merancang antar muka pemakai (user friendly) aplikasi. Pada area inilah ditempatkan komponen-komponen sehingga aplikasi dapat berinteraksi dengan pemakainya.
6. Code Editor, berfungsi untuk menulis dan menyunting kode program. Lokasi code editor ada dibelakang form. Untuk melihatnya bias menggeser form yang menghalanginya atau menggunakan tombol F12. Code editor juga akan tampil saat mengklik dua kali salah satu komponen yang terdapat dalam form.
7. Watch Listi merupakan peralatan yang digunakan untuk memeriksa isi satu variabel atau properti tertentu saat program sedang dieksekusi. Watch List biasanya digunakan bersamaan dengan Break Points dan Step-by-Step execution.

Tombol-tombol ShortCut
Untuk berpindah dari satu peralatan ke peralatan lain anda dapat melakukannya dengan mengklik jendela dari peralatan tersebut, tetapi ada cara yang lebih cepat untuk berpindah dari satu peralatan ke peralatan lain yaitu dengan menggunakan shorcut :

F12 = PIndah dari Form ke Code Editor dan sebaliknya
F11 = Pindah ke Object Inspector
F10 = Pindah ke menu utama
Shift-F5 = Menampilkan Watch List

Contoh Cara Membuat Proyek Aplikasi Baru

1. Jalankan Delphi
2. Pilih menu File | New | Application

Pengenalan Borland Delphi 7

3. Maka akan muncul sebuah form kosong dan sebuah file dengan nama Unit1.pas

Contoh Cara Menyimpan Proyek Aplikasi

Delphi menyimpan proyek aplikasi ke dalam beberapa file seperti keterangan dibawah :

.dpr = File berisi keterangan tentang proyek aplikasi
.pas = File berisi kode-kode program yang digunakan dalam aplikasi
.dfm = File berisi informasi tentang form dan komponen-komponen di dalam form tersebut
.res = File berisi data-data resource seperti icon, bitmap dan sebagainya

1. Klik menu File | Save All.

Pengenalan Borland Delphi 7

2. Berikutnya delphi akan menanyakan nama file .pas untuk menyimpan kode-kode program. Isi dengan MyFirstUnit.pas (boleh terserah anda) dan kemudian klik tombol Save.

Pengenalan Borland Delphi 7

3. Kemudian delphi akan menanyakan nama file .dpr yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang proyek aplikasi, isi dengan MyFirstProject.dpr (boleh terserah anda) dan kemudian klik tombol Save. 

Sekian gambaran tentang borland delphi 7 nya. Selamat bereksperimen.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengenalan Borland Delphi 7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.