Tuesday, July 30, 2013

Skala C Mayor pada Gitar

Belajar skala C mayor pada gitar. Skala C Mayor (C= do) adalah tangga nada mayor dengan nada dasar C (rootnya C) atau tangga nada yang tidak memiliki unsur kress ataupun mol didalamnya. Dalam sebuah skala terdapat beberapa istilah seperti interval (jarak) dan oktaf. Secara umum pengertian interval dalam dunia musik adalah jarak antara suatu nada ke nada lainya, sedangkan jarak 2 buah nada yang sama namun berbeda tingkatan bunyi/frekuensinya disebut satu oktaf. Misalnya : jarak nada C ke nada C berikutnya yang mempunyai bunyi lebih tinggi. Jika root nada D (nada awalnya D) maka, jarak dari nada D tersebut ke nada D berikutnya sama dengan 1 oktaf, begitupun dengan root nada lainya. Berikut screenshoot C mayor :

Skala C Mayor pada Gitar

Aturan Jarak.

C ke D = 1        (C awal)
D ke E = 1
E ke F = ½
F ke G = 1
G ke A = 1
A ke B = 1 dan 
B ke C = 1/2     (C berikutnya) 

Dari gambaran skala C Mayor diatas terlihat bahwa tidak satupun not / nadanya yang menggunakan tanda # (kres)  ataupun I(mol). Jadi sebagai kesimpulan bahwa seluruh not / nada pada skala C Mayor bersifat natural (setiap nada / notnya tidak menggunakan tanda kres ataupun mol). Berikut screen shoot penerapan skala C Mayor pada gitar :

Skala C Mayor pada Gitar

Ket Gambar :
  • Angka 1 sampai 6 = urutan senar 
  • Angka 3, 5, 7, 9, 12, 15, 17, 19, 21, dan 24 = kolom gitar, mungkin para pembaca semua sedikit bertanya – Tanya, lho kolom 1, 2, 4, 6, 8, 10, 11, 13, 14, 16, 18, 20, 22, dan 23 mana ???? sebenarnya hanya ngirit waktu saja, kalo ditulis semuanya bisa lama nee artikel selesainya. OK kembali ke topik.

Supaya mudah dalam penghafalan dan memainkanya, bagilah atau kelompokan skala c mayor pada gitar tersebut menjadi beberapa bagian / blok. Misalnya dalam contoh kali ini saya akan bagi menjadi 5 blok. Untuk petikan gunakan kombinasi upstroke dan downstroke. Berikut gambaran pembagian bloknya : 
  • Untuk blok pertama kita akan mainkan nada - nada yang ada di kolom 0 (open string) hingga kolom ke 3. Mainkan dari atas ke bawah (dari senar 6 sampai senar 1) atau dari bawah ke atas (dari senar 1 sampai senar 6). Berikut screenshootnya.
Skala C Mayor pada Gitar

  • Blok kedua, mainkan nada - nada yang ada di kolom 2 hingga kolom ke 5.
Skala C Mayor pada Gitar

  • Blok ketiga, mainkan nada - nada yang ada dikolom 4 hingga kolom ke 8.   
Skala C Mayor pada Gitar

  • Block keempat, mainkan nada - nada yang ada dikolom 7 hingga kolom ke 10.
Skala C Mayor pada Gitar

  • Block kelima, mainkan nada - nada yang ada dikolom 9 hingga kolom ke 13.
Skala C Mayor pada Gitar

Itulah model pembagian block yang bisa saya gambarkan. Pada penerapanya, skala C mayor tersebut dimainkan untuk mengiringi gitar rythem ketika bermain dikunci C. Saat gitar rythemnya bermain dikunci C maka saat itu juga mainkan leadnya.  Permainan lead dimulai dari nada C (terserah mau menggunakan C rendah / tinggi). Yang penting disaat bermain lead pada skala C mayor mulailah dengan nada C, bukan berdasarkan pembagian block yang saya jelaskan diatas. Pembagian block tersebut dimaksudkan hanya untuk mempermudah penghafalan. 

Pembagian block tersebut tidaklah bersifat mutlak seperti yang saya contohkan diatas. Teman - teman bisa membaginya sesuai dengan selera masing - masing. atau temukan metoda terbaik / tercepat dalam menghafal skala tersebut dengan melakukan berbagai eksperimen, Jika anda berhasil, maka jalan menuju ke level tertinggi dalam penguasaan gitar akan terbuka lebar. Setiap gitaris handal / profesional mempunyai metodanya masing - masing dalam bermain gitar, mereka mencari, dan menyempurnakan metoda sebelumnya. bukan hanya menggunakan metoda yang sudah ada. SO selamat bereksperimen!!!!!!! 

Bagikan

Jangan lewatkan

Skala C Mayor pada Gitar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.