Sunday, April 6, 2014

Belajar bermain gitar

Belajar bermain gitar. Bagi yang baru belajar gitar mungkin pernah terpikir bagaimana cara cepat belajar gitar kalau perlu dalam satu malam saja sudah bisa menguasai gitar layaknya gitaris master. Jawabanya mustahil (unbelievable), tidak ada yang instan. Semuanya butuh usaha. Bahkan gitaris master yang top saat ini pun mereka sampai jatuh bangun untuk menggapai semua keberhasilan yang telah mereka capai. Jadi, bagi yang baru belajar gitar bersiaplah untuk menghadapai segala hadang rintangan yang muncul saat belajar gitar nantinya. Jangan sampai semua penghalang tersebut menghentikan semangat yang telah dibangun dengan susah payah. Kerja keras dan keuletan sangat perlu untuk menunjang keberhasilan. Jadi keep spirit!

Seperti yang kita tahu gitar adalah salah satu dari sekian banyak alat musik yang ada didunia. Gitar merupakan alat musik yang berasal dari spanyol. Gitar termasuk alat musik jenis petikan, ada yang terdiri atas 6 senar dan 12 senar. Berdasarkan perkembanganya hingga saat ini, gitar terbagi atas 3 tipe, yaitu gitar klasik, gitar acoustic, dan gitar elektrik. Setiap tipe punya ciri khas masing - masing. Gitar klasik mempunyai ukuran fretboard yang agak besar dibandingkan dengan yang lainnya. Gitar acoustic mempunyai ukuran fretboard yang lebih kecil dibanding dengan gitar tipe klasik. Sedangkan untuk gitar elektrik ukuran fretboardnya hampir sama dengan gitar acoustic namun jumlah fretboard/kolomnya lebih banyak dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya. Dan juga gitar elektrik dilengkapi dengan efek penguat suara (pickup) dan tambahan whammy bar (switch engkol) yang berguna untuk meregangkan dan mengendurkan senar sesaat. Bagi yang baru belajar gitar, sebelum masuk ke tahap pembelajaran yang lebih detil, tidak ada salahnya jika kita ulas sedikit mengenai bagian - bagian gitar. Pemahaman dasar tentang bagian - bagian gitar ini akan membantu mempermudah kita dalam memahami pelajaran gitar tahap berikutnya. Berikut screenshootnya.

Belajar bermain gitar

Ket :
  • Head Stock >> merupakan bagian kepala atau ujung dari gitar berfungsi sebagai tempat/kedudukan dari tuner.
  • Tuner >> pemutar/penggulung yang berfungsi untuk menegangkan atau mengendurkan senar saat distem.
  • Nut >> pengatur dudukan/jarak antar senar sebelum masuk ke pemutar/penggulung.
  • Fret >> Logam besi yang tertanam disepanjang fretboard/fingerboard/leher gitar dan berfungsi untuk mengatur jarak setiap kolom.
  • Fingerboard >> Leher gitar.
  • Column >> tempat penekanan nada dari melodi atau chord yang dimainkan.
  • String >> senar gitar.
  • Position Marker >> Titik - titik yang ada di beberapa kolom gitar yang berfungsi sebagai penanda posisi.
  • Sound Hole >> Lubang suara yang berfungsi untuk meningkatkan atau menguatkan suara yang dihasilkan oleh senar.
  • Bridge >> Penahan atau penyangga senar.
  • Body >> Badan gitar yang berbentuk angka delapan.
OK. Itulah pengenalan singkat mengenai bagian - bagian gitar semoga dapat menambah pengetahuan teman - teman gitaris. Selanjutnya kita akan ulas mengenai tekhnik - tekhnik yang digunakan dalam bermain gitar. Tekhnik - tekhnik dasar ini nantinya akan membantu menjadikan setiap eksperimen musik yang awalnya terlihat biasa menjadi luar biasa.
  • Hammer on >> tekhnik ini biasa digunakan untuk membunyikan dua buah nada yang berada pada senar yang sama. Misal kita ingin memainkan nada yang berada pada kolom 5 dan 7 pada senar 1. Caranya tekan senar lima dengan tangan kiri lalu petik dan kemudian dilanjutkan dengan menekan nada pada senar no 7 tanpa melakukan petikan lagi. Singkatnya, sekali petik dua nada berbunyi.
  • Pull of >> kebalikan dari hammer on. Caranya, posisikan jari pada kolom 5 dan 7 pada senar 1(tekan keduanya) lalu petik dan kemudian sebelum suaranya hilang lepaskan jari pada kolom nomor 7 tanpa melakukan petikan lagi. 
  • Tremolo bar >> menaikan/menurunkan bunyi senar dengan cara menekan dan menarik whammy/engkol.
  • Muffled strings >> menyentuh senar  dengan halus kemudian memetiknya, sehingga menghasilkan suara yang perkusi.
  • Palm muting >> menyentuh senar dengan telapak tangan sehingga senar menghasilkan suara yang agak lembab.
  • Slide >> berpindah not dengan cara melakukan pergeseran jari.
  • Bend >> menaikan bunyi nada dengan cara menekan senar keatas atau kebawah.
  • Bend and release >> tekan dan petik senarnya, lalu bend sejauh yang diinginkan (1/2 nada atau 1 nada) kemudian kembali lagi ke nada awal.
  • Pre bend >> lakukan bending lebih dahulu hingga nadanya naik menjadi 1/2 atau 1 nada, kemudian baru dipetik dan perlahan turunkan senar ke kondisi normalnya.
  • Pre bend and release >> bending senar hingga nadanya naik menjadi 1/2 atau 1 nada kemudian perlahan dipetik sambil diturunkan ke nada awalnya. Lalu bending lagi hingga nadanya kembali ke nada awal.
  • Unison bend >> melakukan doble bend/bending 2 buah senar secara bersamaan.
  • Tapping >> membunyikan not/nada pada fretboard dengan cara mengetuknya menggunakan ujung jari telunjuk, jari tengah, atau jari manis.
  • Vibrato >> efek menggetarkan senar dengan cara melakukan bending naik turun dengan cepat.
Itulah beberapa tekhnik dalam bermain gitar. Untuk bisa menguasai semua tekhnik tersebut perbanyak latihan dan carilah musik - musik yang banyak menggunakan unsur - unsur tekhnik didalamnya. Bagi yang baru belajar gitar, berikut ini ada beberapa tips belajar bermain gitar yang admin dapat dari sekian banyak pengalaman latihan yang telah dilalui.
  1. Kuasai Teori. Meskipun ada juga beberapa orang yang bisa bermain gitar dengan cuma berbekal bakat alami tanpa adanya campur tangan teori sedikit pun, namun belumlah sempurna rasanya jika bakat tersebut tidak disokong oleh teori. Penguasaan teori akan sangat membantu menyempurnakan bakat/potensi alami yang dimiliki seseorang. Salah satu teori yang harus dikuasai bagi seorang gitaris yaitu skala atau tangga nada. Tangga nada merupakan dasar utama dalam bermusik. Tangga nada merupakan dasar pembentukan chord maupun melodi. Selain itu kuasai juga partitur (piano) dan tablatur (gitar).
  2. Punya Gitar. Mustahil tanpa adanya gitar seseorang akan bisa bermain gitar dengan sangat amaizing. Gitar berguna untuk menerapkan teori - teori yang telah dikuasai. Menerapkan setiap teori yang dipelajari akan membantu memperkuat daya ingat seorang dalam setiap teori yang dipelajari.
  3. Sempurnakan Tekhnik Penjarian. Penjarian yang benar akan mempermudah seseorang dalam memainkan setiap bentuk chord ataupun melodi serta perpindahan chord pun akan terasa lebih nyaman. Sebenarnya untuk penjarian ini tidak ada aturan yang baku. Silahkan temukan sendiri posisi dan bentuk penjarian yang dirasa lebih nyaman, efisien, dan mudah.
  4. Gunakan Ketukan. Biasakanlah bermain dengan ketukan. Bermain musik dengan diiringi ketukan serasa bermain didalam lintasan.
  5. Disiplin Latihan. Luangkan waktu setiap harinya untuk berlatih gitar. latihan rutin akan meningkatkan tekhnik, keakuratan, kecepatan (speed) dan insting gitaris. Jangan pernah bosan dan lelah untuk terus berusaha. Dibalik usaha  yang keras ada succes menanti.
  6. Fokus/Konsentrasi penuh. Kosongkan dan bersihkan pikiran. Pastikan bahwa yang ada didalam pikiran hanyalah gitar, gitar, dan gitar. Tingkat konsentrasi yang tinggi akan memberikan daya serap, daya ingat, dan daya imajinasi yang lebih terhadap setiap teori yang dipelajari.                                          

Bagikan

Jangan lewatkan

Belajar bermain gitar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.