Tuesday, April 8, 2014

Dasar pembentukan chord 5 pada gitar

Cara atau aturan pembentukan chord 5 pada gitar. Chord 5 terbentuk dari 2 nada yang diambil dari tangga nada mayor yaitu nada 1 dan ke 5. Pemberian nama chord 5 sendiri dipengaruhi oleh nada terakhir dari chord tersebut. Chord ini sering juga disebut dengan power chord karena ciri khas suaranya yang begitu kuat dan energik. Dalam penerapanya chord 5 terdiri atas 2 mode. Mode pertama dimainkan dengan 2 senar dan mode kedua dimainkan dengan 3 senar.  Dari bentuknya yang simpel dan hanya melibatkan 2 nada, berarti tidaklah sulit untuk menemukan chord tersebut pada fingerboard/fretboard gitar. Pada postingan kali ini kita akan kupas bagaimana cara cepat menemukan chord 5 tersebut berdasarkan posisi senar. Namun sebelumnya silahkan perhatikan tabel tangga nada atau skala mayor dibawah ini.

Dasar pembentukan chord 5 pada gitar

Tabel diatas adalah tabel skala atau tangga nada mayor yang akan kita gunakan sebagai acuan untuk menemukan macam - macam chord 5.  Kolom yang berwarna merah pada tabel skala mayor diatas menunjukan bahwa dalam setiap nada dasarnya (dari C - B) hanya ada 2 nada yang dimainkan yaitu nada 1 dan nada ke 5. Berikut ulasan lengkap cara mencari chord 5.

1. Mencari Chord 5 yang Dibentuk dari Senar 6 dan 5 atau dari senar 6, 5, dan 4.                      
OK, pada tahap ini kita akan kupas bagaimana cara menemukan chord 5 yang dibentuk dari senar 6, 5, dan 4. Misal kita akan mencari chord C5. Chord C5 berarti nada dasarnya adalah C. Nada ke 1 dan ke 5 dari nada dasar C adalah C dan G (perhatikan tabel diatas). Maka jadilah chord C5.                                           
Jika nada - nada pembentuk chord C5 sudah diketahui, selanjutnya kita tinggal aplikasikan pada gitar. Caranya, pada senar 6 letak nada C ada dikolom ke 8 lalu tekan kolom tersebut dengan jari telunjuk. Selanjutnya pada senar 5 letak nada G ada dikolom 10 lalu tekan dengan jari manis atau jari kelingking, maka itulah bentuk dari chord C5 pada gitar. Namun jika ingin menggunakan mode yang kedua yaitu menggunakan tiga senar. Maka tekan satu nada lagi pada senar 4 kolom 10. Perlu diingat bahwa nada tambahan ini adalah nada yang sama dengan nada yang pertama (nada C), namun berbeda oktav. Untuk mencari chord 5 lainya, tinggal digeser - geser saja nada yang ada di senar 6, 5, dan 4 nya. Berikut screenshoot chord C5 dan chord 5 lainnya yang dibentuk dari senar 6, 5, dan 4 :
Dasar pembentukan chord 5 pada gitar

Note :
  • Tulisan yang berwarna merah menunjukan nama chord.
  • Tanda X pada gambar menunjukan bahwa senar tersebut tidak dimainkan. Jika dimainkan maka chord tersebut akan mengalami perubahan bunyi dan nama.
  • Nomor yang ada dibagian sebelah kiri seperti 8, 9, 10, 11, 1, 4, 5, 6, dan 7 menunjukan urutan kolom pada gitar.
  • Senar yang sebelah kiri adalah senar 6 dan senar yang ada dibagian kananya adalah senar 1.
  • Angka yang berwarna putih menunjukan jari mana yang harus digunakan/menekan (1 = jari telunjuk, 2 = jari tengah, 3 = jari manis, 4 = jari kelingking).
2. Mencari Chord 5 yang Dibentuk dari Senar 5, 4 atau dari senar 5, 4 dan 3.
Aturan tidak jauh beda dengan cara diatas. Dalam memainkanya boleh menggunakan mode pertama atau mode kedua. Berikut screenshoot bentuk chord 5 yang dibentuk dari senar 5, 4, dan 3.

Dasar pembentukan chord 5 pada gitar
                                                                                                                                                             
Demikian untuk tutorial kali ini, nantikan tutorial gitar berikutnya dari zonaotentics dan selamat bereksperimen.

Bagikan

Jangan lewatkan

Dasar pembentukan chord 5 pada gitar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.