Friday, June 13, 2014

Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007

Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007 - Microsoft office word memang ahlinya dalam mengolah kata. Apapun bentuknya, designnya, ataupun modelnya pasti bisa dilakukan dengan microsoft office word 2007, salah satunya yaitu menyisipkan atau menambahkan nomor/number halaman pada setiap page. Kita hanya tinggal tekan dan pilih sekali saja, maka secara otomatis semua halaman pun akan diberi nomor. Dalam microsoft office word 2007 telah disediakan beberapa model penomoran halaman seperti Top of Page, Bottom of Page, dan Page Margins. Dan jika dari beberapa pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan yang diinginkan, kita bisa gunakan pilihan Format Page Numbers untuk membuat page number yang kita inginkan.

Untuk pilihan penomoran Top of Page terbagi lagi atas beberapa jenis pilihan posisi seperti kiri atas, tengah atas, atau kanan atas. Begitu juga dengan Bottom of Page yang terdiri atas beberapa pilihan posisi seperti kiri bawah, tengah bawah, dan kanan bawah. 

Selain dari tata letak penomoran ada lagi beberapa setingan lainnya yang bisa kita terapkan pada penomoran diantaranya seperti format penomoran yang akan digunakan, apakah akan menggunakan bilangan, huruf kecil, huruf besar, huruf romawi, atau jenis lainnya. Settingan berikutnya yaitu starting number maksudnya dari posisi/page manakah nomor/number mulai disisipkan, apakah dari page awal, page kedua, atau page lainnya. Dan untuk setingan yang terakhir kita diberikan pilihan apakah nomor dibagian awal page dihilangkan atau tidak. Fitur ini bisa diaktifkan dengan mencentang bagian "Different First Page". Sedangkan jika centang pada tulisan "Different Odd & Even Pages" yang diaktifkan maka hanya nomor/number ganjil yang akan ditampilkan.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara menambahkan/menyisipkan number halaman silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini.


  • Klik tab menu "Insert" yang ada dibagian atas jendela microsoft office word. Lalu pilih "Page Number" seperti yang ditunjukan oleh screenshoot dibawah ini.
Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007

  • Silahkan pilih jenis tata letak number/nomor page yang diinginkan.
  • Maka setelah itu akan muncul sebuah tab menu baru yaitu tab menu "Design" yang berguna untuk melakukan setingan lebih lanjut terhadap nomor/number page (halaman). Berikut screenshoot gambarnya.
Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007

  • Bagian yang ditunjuk oleh nomor 1 (warna merah) diatas berfungsi untuk menghilangkan nomor/number yang berada dibagian awal page.
  • Sedangkan bagian yang ditunjuk oleh nomor 2 (warna merah) diatas berfungsi untuk menghilangkan nomor/number halaman yang ganjil.
  • Dan apabila ingin menggunakan format number berupa huruf, angka romawi, atau jenis format lainnya silahkan pilih options "Format Page Numbers" yang ada dibagian tab menu "insert >> Page Number >> Format Page Numbers". Disana juga terdapat setingan "Start at" yang berfungsi untuk mengatur dipage atau halaman mana number mulai disisipkan.
  • Untuk keluar dari tampilan Page Number silahkan klik tombol close yang berada dibagian kanan (Tulisan Close Header and Footer) atau dengan melakukan double klik diluar area Page Number.
  • Dan untuk mengedit Page Number kembali cukup dengan double klik dibagian Page Number tersebut.
  • Finish dan selamat bereksperimen !


Bagikan

Jangan lewatkan

Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.