Wednesday, June 18, 2014

Menyisipkan watermark pada dokumen word

Menyisipkan watermark pada dokumen word - Menambahkan watermark pada hasil karya yang kita buat sangatlah perlu. Itu semua dilakukan untuk menjaga keaslian hak cipta dari hal - hal yang tidak diinginkan. Bagi teman - teman yang suka menulis buku, ebook, atau karya - karya lain yang nantinya akan dipublish dalam bentuk hard copy ataupun soft copy sebaiknya diproteksi dengan menambahkan watermark pada background halaman dokumennya. Watermark ini tidak akan mengganggu isi pokok dari sebuah halaman karena tingkat visibility/opacitynya yang diset serendah mungkin. Nilai opacity (transparansi) yang rendah akan membuat watermark menjadi tembus pandang. 

Selain sebagai protektor, penambahan watermark juga akan manambah kesan berkelas dan menariknya sebuah karya. Lalu bagaimana ya cara menambahkan watermark tersebut ? Caranya gampang sekali. Jika ngomong - ngomong soal karya tulis seperti buku, ebook, dan lainnya tentu tidak akan terlepas dari keterlibatan software aplikasi yang satu ini yaitu Microsoft office word. Microsoft office word merupakan salah software aplikasi powerfull multi fungsi dalam urusan mengolah kata apalagi pembuatan watermark. Dalam microsoft office word 2007 fitur atau fasilitas watermark ini bisa diakses pada tab menu "Page Layout" yang berada dibagian atas jendela office word.  Disana tersedia 2 jenis pilihan watermark. Pilihan pertama yaitu watermark dengan jenis "text" dan yang kedua watermark dengan jenis "gambar".  Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah demi langkah berikut ini.

Cara menambahkan/menyisipkan watermark pada dokumen word. 

  • Buka dokumen word yang akan disisipkan watermark.
  • Lalu klik tab menu "Page Layout" yang ada dibagian atas disamping tab menu "Insert" (lihat panah 1) seperti yang terlihat pada screenshoot gambar dibawah ini.
Menyisipkan watermark pada dokumen word

  • Kemudian klik segitiga kecil dibawah tulisan watermark seperti yang ditunjuk oleh panah 2 diatas. Disana disediakan beberapa bentuk watermark. Jika tidak ada pilihan watermark yang sesuai dengan yang diinginkan, silahkan klik bagian "Custom Watermark..." seperti yang ditunjuk oleh panah no 3.
  • Maka selanjutnya akan tampil jendela "Printed Watermark" seperti screenshoot gambar dibawah ini.
Menyisipkan watermark pada dokumen word

  • Pada tampilan diatas silahkan pilih options ke 3 yaitu "Text watermark". Kemudian silahkan pilih atau ketikan sendiri text watermark yang ingin ditampilkan pada bagian "Text". Untuk settingan lainnya biarkan default saja. Dan jika teman - teman ingin menyisipkan watermark yang berupa gambar silahkan pilih options ke 2 yaitu "Picture watermark". 
  • Kemudian klik Apply dan OK.
  • Finish.

Bagikan

Jangan lewatkan

Menyisipkan watermark pada dokumen word
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.