Tuesday, June 24, 2014

Cara upload dan download data dari mediafire

Cara upload dan download data dari mediafire - Pernah download data dari mediafire ? Tentunya sebagian dari teman - teman semua sudah pernah mendownload sebuah file dari media sharing online seperti mediafire. Namun bagaimana ya caranya agar file yang kita punya bisa dishare dengan cara didownload dari mediafire tersebut ? Bagi yang belum tahu silahkan simak ulasan berikut ini. Mediafire merupakan sebuah layanan penyimpanan data dan sharing data secara online. Mediafire didirikan pada tahun 2006 dan berpusat di Texas, Amerika Serikat. 

Untuk bisa menggunakan layanan mediafire ini, kita harus mendaftar terlebih dahulu disitus resminya untuk pembuatan account mediafire. Untuk account/member ini Mediafire membaginya kedalam 3 kategori. Kategori yang pertama yaitu Free Member. Untuk Free Member diberikan space penyimpanan sebesar 2 Gb dan maksimal ukuran data per uploadnya 200 Mb. Kategori yang kedua yaitu Pro Member. Space penyimpanan yang diberikan untuk Pro Member unlimited dan maksimal ukuran data per uploadnya 4 Gb. Dan untuk kategori ketiga yaitu Business Member. Space penyimpanan yang diberikan sama dengan Pro Member (Unlimited), bedanya pada kapasitas maksimal ukuran data per uploadnya yaitu 10 Gb.

Layanan download dan upload di mediafire ini memang sangat populer dikalangan neter terutama blogger karena tidak adanya waktu tunggu, proses download pun tergolong cepat, dan dapat dilakukan berulang kali. Bagi Free Member yang ingin mengupload file/data yang ukuranya lebih dari 200 Mb tidak usah cemas karena kita masih tetap bisa mengupload file/data tersebut dengan cara membaginya menjadi beberapa bagian dengan bantuan software winrar (lihat disini) ataupun Hjsplit (lihat disini). Berikut ulasan lengkap cara upload dan download data dari mediafire.

1. Cara Upload.

  • Login ke account mediafire. Maka selanjutnya akan muncul halaman utama dari mediafire seperti screenshoot gambar dibawah ini.
Cara upload dan download data dari mediafire

  • Icon/tombol yang ditunjukan oleh tanda panah no 2 berfungsi untuk membuat folder baru.
  • Untuk mengupload data/file yang diinginkan ke mediafire silahkan klik icon/tombol yang ditunjukan oleh tanda panah no 1 pada gambar diatas. Setelah tombol "Upload" diklik maka akan muncul dua pilihan (From computer dan From the web). Jika datanya ada dikomputer silahkan pilih opsi pertama (From computer). Selanjutnya silahkan cari file/data yang akan diupload dengan mengklik beberapa tombol yang ditunjukan oleh tanda panah (3,4, dan 5) pada gambar dibawah ini. 
Cara upload dan download data dari mediafire

  • Jika sudah ketemu langsung klik tombol "Open" dan kemudian klik "Begin Upload" untuk memulai proses upload.
  • Tunggu Hingga proses selesai.
  • Finish dan file pun siap untuk dishare.

2. Cara Download/Share.

  • Klik kanan pada file dan pilih "Copy Link". Silahkan pastekan link tersebut diberbagai media sosial seperti blog, facebook, google plus, forum, atau website lainnya. Perlu diingat bahwa "Copy Link" adalah link tautan yang mengarah ke file yang telah kita upload sebelumnya. Sehingga jika link tersebut diklik maka akan diarahkan ke link download file tersebut. Berikut screenshoot link downloadnya.
Cara upload dan download data dari mediafire

  • Langkah terakhir yaitu tinggal klik tombol "DOWNLOAD" warna hijau untuk mendownload file tersebut.
  • Finish.
Baca selengkapnya

Cara sharing data di google drive

Cara sharing data di google drive - Ada yang tahu apa itu google drive ? Google drive adalah sebuah layanan penyimpanan data online milik google. Layanan ini dibangun untuk menyimpan dan sharing data secara online dengan batas penyimpanan 5 Gb untuk yang free. Tidak hanya itu, layanan ini juga diintegrasikan dengan berbagai aplikasi online pengolah document lainnya seperti Google Docs, Google Drawings, Google Form, Google Sheets, dan Google Slides. Sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit document yang sudah diupload ke google drive.

Lalu bagaimana cara menggunakan layanan Google drive ini ? Caranya sangat gampang. Asalkan syaratnya terpenuhi. Syaratnya adalah kita harus punya akun google, apakah itu gmail, youtube, blog, g+, dan lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa layanan sepeti gmail, blog, g+, google drive, youtube, google search, google maps, dan lainnya merupakan kepunyaan google. Dengan banyaknya layanan tersebut, google pun memperbarui cara akses ke semua layanan tersebut. Sebelumnya untuk menggunakan semua layanan tersebut kita diwajibkan untuk mendaftar dan login disetiap layanannya. Namun sekarang cukup dengan hanya satu kali pendaftaran/membuat satu account pada salah satu layanan google dan itu berlaku untuk semua layanan google lainnya (Satu account untuk semua layanan). 

Bagi teman - teman yang sudah punya salah satu account google silahkan login ke google drive. Berikut screenshoot dan langkah - langkah cara sharing data di google drive.

Cara sharing data di google drive


  • Setelah login maka akan tampil jendela utama dari google drive.
  • Pertama silahkan buat sebuah folder baru yang nantinya berguna untuk menyimpan data yang akan diupload ke google drive. Caranya klik tombol "CREATE" seperti yang ditunjukan oleh panah no 1 pada gambar diatas. Pada contoh ini foldernya saya beri nama "My Data". Silahkan sesuaikan dengan yang anda inginkan.
  • Jika sudah selanjutnya klik folder yang telah dibuat sebelumnya untuk masuk kedalam folder tersebut.
  • Selanjutnya tinggal mengupload data yang akan disharing. Silahkan klik tombol "Upload" seperti yang ditunjukan oleh panah no 2 pada gambar diatas. atau bisa juga dengan melakukan "drag and drop" data/file yang ingin diupload ke are folder "My Data" yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian silahkan cari file/data yang ingin diupload ke google drive. Jika file yang dinginkan sudah ketemu langsung saja diklik tombol "Open" untuk melakukan proses upload.
  • Tunggu proses upload selesai.
  • Jika proses upload sudah selesai selanjutnya tinggal share data tersebut dengan cara klik kanan file tersebut dan pilih "Share... >> Share..." maka selanjutnya akan muncul jendela seperti dibawah ini.
Cara sharing data di google drive

  • Tulisan yang dilingkari oleh kotak berwarna adalah link file tersebut yang bisa kita bagikan lewat blog atau media lainnya. 
  • Untuk membagikan (sharing) file tersebut ke facebook dan twitter silahkan klik masing - masing iconnya dan login.
  • Untuk mengganti privacy accesnya silahkan klik tulisan "Change..." seperti yang ditunjukan tanda panah no 3 pada gambar diatas.
  • Jika semuanya sudah diseting, selanjutnya tinggal klik tombol "Done".
  • Finish.

Baca selengkapnya

Monday, June 23, 2014

Cara menyisipkan header dan footer di microsoft office word

Cara menyisipkan header dan footer di microsoft office word - Sering sekali kita melihat di berbagai media cetak khususnya buku. Disana terdapat tulisan kecil yang letaknya terselip dibagian atas dan bawah setiap halamannya. Sering melihat tapi tidak tahu apa nama tulisan tersebut dan untuk apa fungsinya ? Tulisan tersebut adalah Header dan Footer biasanya berisi tentang keterangan atau catatan kecil yang berhubungan dengan isi dari suatu halaman.

Untuk menambahkan/menyisipkan Header dan Footer ini sangatlah gampang, apalagi jika menggunakan program aplikasi pengolah kata nomor wahid seperti microsoft office word. Dalam microsoft office word sudah disediakan berbagai jenis pilihan dari Header dan Footer yang bisa kita tambahkan kedalam halaman. Selain itu disana juga disediakan beberapa setingan tambahan untuk Header dan Footer. Setingan tambahan ini akan muncul dalam sebuah tab baru (Design) yang muncul setelah Header atau Footer ditambahkan ke halaman/page. Berikut langkah demi langkah cara menyisipkan Header dan Footer pada micorosoft office word.

1. Pertama jalankan aplikasi office wordnya.
2. Kemudian masuk ke bagian tab menu "Insert" yang ada dibagian paling atas dari jendela microsoft office word.
3. Lalu pilih icon Header untuk menyisipkan Header kedalam halaman dan selanjutnya pilih icon Footer untuk menyisipkan Footer. Berikut screenshoot gambarnya.

Cara menyisipkan header dan footer di microsoft office word

4. Maka Header dan Footer pun akan ditambahkan kedalam page/halaman.
5. Selanjutnya saat Header atau Footer dalam keadaan aktif, maka pada bagian tab menu akan muncul satu tab menu baru yang namanya "Design". Jika tidak muncul silahkan double klik dibagian Footer atau Header untuk memunculkan tab menu tersebut. Dalam tab menu tersebut tersedia fasilitas/tool sebagai berikut :
  • Date & Time berfungsi untuk menambahkan tanggal dan waktu pada Header/Footer.
  • Quick Part berfungsi untuk menyisipkan keterangan tambahan lainnya seperti category, email, author, company, dll.
  • Picture berfungsi untuk menyisipkan gambar pada Header/Footer.
  • Clip Art berfungsi untuk menyisipkan berbagai macam jenis gambar, movie, dan illustrasi lainnya.
  • Go to Header berfungsi untuk berpindah cepat dari Footer ke Header.
  • Go to Footer berfungsi untuk berpindah cepat dari Header ke Footer.
  • Previous Section.
  • Next Section.
  • Link to Previous.
  • Different First Page berfungsi untuk menghilangkan Header/Footer hanya pada halaman/page awal.
  • Different Odd & Even Pages berfungsi untuk menampilkan Header/Footer hanya pada halaman/page yang ganjil.
  • Show Document Text.
  • Header from Top berfungsi untuk mengatur jarak Header dari batas atas halaman.
  • Footer from Bottom berfungsi untuk mengatur jarak Footer dari batas bawah halaman.
  • Insert Alignment Tab berfungsi untuk mengatur tata letak Header/Footer terhadap halaman.
6. Finish.


Baca selengkapnya

Sunday, June 22, 2014

Cara membuat drop cap pada microsoft office word

Cara membuat drop cap pada microsoft office word - Drop cap adalah sebuah sentuhan seni yang diberikan pada huruf awal suatu paragraf. Huruf yang diberikan efek drop cap memiliki ukuran yang lebih besar atau bentuk yang lebih mencolok dari huruf lainnya. Penerapan drop cap ini lebih sering dijumpai pada media cetak seperti koran, majalah, dan media lainnya. Dalam microsoft office word disediakan beberapa model drop cap yang bisa kita gunakan seperti Dropped dan In margin. Kedua model drop cap tersebut sebenarnya sama, hanya saja posisinya agak sedikit berbeda.

Drop cap model Dropped letaknya dalam paragraf. Sedangkan untuk Drop Cap model In margin letaknya diluar paragraf. Selain itu disediakan juga pilihan "Drop Cap Options..." yang berguna untuk melakukan setingan lebih lanjut terhadap drop cap yang telah dibuat sebelumnya. Berikut langkah demi langkah cara membuat drop cap.

  • Jalankan program aplikasi microsoft wordnya.
  • Kemudian tuliskan beberapa paragraft. Pada contoh kali ini saya tuliskan 2 paragraf. Berikut screenshoot gambarnya.
Cara membuat drop cap pada microsoft office word

  • Pada paragraf pertama letakan cursor tepat dibagian awal paragraf. Kemudian klik tab menu insert dan klik tombol panah kecil yang ada dibagian bawah drop cap sehingga muncul beberapa pilihan drop cap. Untuk paragraf pertama ini silahkan pilih drop cap dengan model Dropped. Hasilnya seperti yang ditunjukan oleh gambar diatas.
  • Kemudian untuk paragraf kedua, kita akan buat drop cap dengan model In margin. Caranya letakan cursor diawal paragraf kedua, lalu pilih drop cap dan klik In margin. Maka hasilnya kurang lebih seperti yang ditunjukan oleh gambar diatas.
  • Untuk mengatur settigan drop cap yang telah dibuat silahkan pilih bagian "Drop Cap Options...". Maka selanjutnya akan muncul jendela seperti dibawah ini.
Cara membuat drop cap pada microsoft office word

  • Pada gambar diatas, silahkan pilih jenis drop cap yang diinginkan pada bagian "Position".
  • Silahkan atur model huruf yang akan digunakan pada bagian "Font".
  • Bagian "Lines to drop" berfungsi untuk mengatur tinggi dari drop cap. Apakah 1 baris, 2 baris, 3 baris, atau silahkan tentukan sesuai keinginan.
  • Bagian "Distance from text" berfungsi untuk mengatur jarak drop cap dari text.
  • Jika semua setingan sudah diatur, selanjutnya tinggal klik tombol "OK".
  • Finish.


Baca selengkapnya

Wednesday, June 18, 2014

Cara memainkan game android di komputer

Cara memainkan game android di komputer - Serangan android memang sangat genjar didunia tekhnologi saat ini. Hampir semua perangkat smartphone dan tablet menggunakan Operating Sistem (OS) besutan google ini. Jika dibandingkan dengan dua seterunya seperti blackberry OS dan iphone OS,  android masih belum terkalahkan. Kedikdayaan android semakin tidak tergoyahkan ditambah dengan banyaknya dukungan tambahan dari berbagai perangkat aplikasi tambahan yang bisa didapatkan secara gratis di android market atau google play. Salah satu contohnya yaitu aplikasi games. Bisa dikatakan hampir semua orang suka dengan yang namanya games, apalagi ditambah dengan akses yang mudah dan sifatnya yang free. Itulah salah satu alasan yang menjadi nilai tambah Android begitu menarik dimata masyarakat.

Di android market atau google play banyak game - game menarik yang disediakan seperti angry birds, plants vs zombies, dan games seru lainnya. Tapi games tersebut hanya untuk device yang dijalankan dengan Android OS. Namun bagi teman - teman yang tidak memiliki perangkat android jangan bersedih. Karena kita masih tetap bisa menikmati asyiknya memainkan game - game android meskipun tanpa perangkat android sekalipun. Caranya yaitu dengan bantuan sebuah software emulator yang bernama BlueStacks. BlueStacks adalah sebuah aplikasi freeware yang digunakan untuk  menjalankan aplikasi yang biasa dijalankan di Android OS (terutama games). Dengan bantuan bluestack ini, kita bisa memainkan games android di pc atau komputer. Berikut simak ulasan lengkap mengenai cara instalasi/pemasangan software bluestack tersebut.

  • Untuk mendapatkan aplikasi bluestacks ini silahkan kunjungi situs resminya atau klik disini. ukurannya kurang lebih 12 Mb.
  • Setelah proses download selesai. Silahkan di double klik file instalasi (BlueStacks-SplitInstaller_native.exe)  tersebut untuk melakukan penginstalan/pemasangan. Selanjutnya silahkan ikuti langkah - langkah instalasi yang ditunjukan oleh gambar dibawah ini.

Cara memainkan game android di komputer

  • Setelah proses instalasi selesai. Selanjutnya klik tombol search seperti yang ditunjukan oleh gambar no 6 diatas untuk mencari game yang ingin diinstal.
  • Setelah ketemu langsung klik instal. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi game tersebut selesai.
  • Finish. Game pun siap untuk dimainkan.

Baca selengkapnya

Menyisipkan watermark pada dokumen word

Menyisipkan watermark pada dokumen word - Menambahkan watermark pada hasil karya yang kita buat sangatlah perlu. Itu semua dilakukan untuk menjaga keaslian hak cipta dari hal - hal yang tidak diinginkan. Bagi teman - teman yang suka menulis buku, ebook, atau karya - karya lain yang nantinya akan dipublish dalam bentuk hard copy ataupun soft copy sebaiknya diproteksi dengan menambahkan watermark pada background halaman dokumennya. Watermark ini tidak akan mengganggu isi pokok dari sebuah halaman karena tingkat visibility/opacitynya yang diset serendah mungkin. Nilai opacity (transparansi) yang rendah akan membuat watermark menjadi tembus pandang. 

Selain sebagai protektor, penambahan watermark juga akan manambah kesan berkelas dan menariknya sebuah karya. Lalu bagaimana ya cara menambahkan watermark tersebut ? Caranya gampang sekali. Jika ngomong - ngomong soal karya tulis seperti buku, ebook, dan lainnya tentu tidak akan terlepas dari keterlibatan software aplikasi yang satu ini yaitu Microsoft office word. Microsoft office word merupakan salah software aplikasi powerfull multi fungsi dalam urusan mengolah kata apalagi pembuatan watermark. Dalam microsoft office word 2007 fitur atau fasilitas watermark ini bisa diakses pada tab menu "Page Layout" yang berada dibagian atas jendela office word.  Disana tersedia 2 jenis pilihan watermark. Pilihan pertama yaitu watermark dengan jenis "text" dan yang kedua watermark dengan jenis "gambar".  Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah demi langkah berikut ini.

Cara menambahkan/menyisipkan watermark pada dokumen word. 

  • Buka dokumen word yang akan disisipkan watermark.
  • Lalu klik tab menu "Page Layout" yang ada dibagian atas disamping tab menu "Insert" (lihat panah 1) seperti yang terlihat pada screenshoot gambar dibawah ini.
Menyisipkan watermark pada dokumen word

  • Kemudian klik segitiga kecil dibawah tulisan watermark seperti yang ditunjuk oleh panah 2 diatas. Disana disediakan beberapa bentuk watermark. Jika tidak ada pilihan watermark yang sesuai dengan yang diinginkan, silahkan klik bagian "Custom Watermark..." seperti yang ditunjuk oleh panah no 3.
  • Maka selanjutnya akan tampil jendela "Printed Watermark" seperti screenshoot gambar dibawah ini.
Menyisipkan watermark pada dokumen word

  • Pada tampilan diatas silahkan pilih options ke 3 yaitu "Text watermark". Kemudian silahkan pilih atau ketikan sendiri text watermark yang ingin ditampilkan pada bagian "Text". Untuk settingan lainnya biarkan default saja. Dan jika teman - teman ingin menyisipkan watermark yang berupa gambar silahkan pilih options ke 2 yaitu "Picture watermark". 
  • Kemudian klik Apply dan OK.
  • Finish.

Baca selengkapnya

Tuesday, June 17, 2014

Memproteksi dokumen word dengan password

Memproteksi dokumen word dengan password - Menyimpan dokumen - dokumen word dalam komputer sendiri belumlah bisa dikatakan aman, apalagi dokumen yang sifatnya rahasia dan privat. Sekarang ini banyak sekali malware - malware ataupun spyware - spyware jahat yang menyusup tanpa disadari keberadaanya. Untuk itu kita butuh extra protecting atau multiprotecting untuk melindungi data - data tersebut. Dalam microsoft office word 2007 ada sebuah fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga/memprotecting data - data yang kita miliki dari segala hal yang tidak diinginkan. Fasilitas ini bernama "Encrypt Document" yang berfungsi untuk mengunci akses masuk ke sebuah dokumen dengan password. 

Fasilitas "Encrypt Document" ini bisa diakses lewat tombol Office button yang berada dibagian kiri atas dari microsoft office word. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini.

Cara memasang password pada dokumen word.

  • Buka file word yang akan diproteksi dengan password.
  • Lalu Klik tombol Office button >> Prepare >> Encrypt Document seperti yang ditunjukan oleh screenshoot gambar dibawah ini.
Memproteksi dokumen word dengan password

  • Maka selanjutnya akan muncul jendela pengisian password seperti dibawah ini.
Memproteksi dokumen word dengan password

  • Setelah jendela diatas diisi dengan password kemudian klik "OK". Maka selanjutnya akan muncul jendela "Confirm Password" seperti screenshoot gambar dibawah ini.
Memproteksi dokumen word dengan password

  • Silahkan ketik ulang kembali passwordnya dan klik "OK".
  • Finish. Dan documen pun telah terproteksi dengan password. Setiap akan membuka dokumen, maka akan muncul jendela permintaan password. Silahkan isi dengan password yang telah dibuat sebelumnya.


Baca selengkapnya

Menambahkan watermark pada gambar dengan photoshop

Menambahkan watermark pada gambar dengan photoshop - Watermark adalah sebuah penanda hak cipta dari suatu karya yang telah dibuat agar karya tersebut tidak dibajak. Dibandingkan dengan dunia nyata, dalam dunia maya penggunaan watermark sangatlah trend terutama bagi publiser artikel ataupun pembuatan ebook. Watermark ini lebih sering ditambahkan atau diselipkan pada document - document atau gambar - gambar yang nantinya akan dishare didunia maya. Pada postingan sebelumnya (lihat disini) saya sudah contohkan bagaimana cara membuat watermark secara online di http://watermarquee.com/. Dan sekarang saya akan tunjukan cara lainnya untuk membuat watermark pada gambar.

Pada tutorial kali ini saya akan tunjukan cara membuat watermark dengan cepat dan simpel menggunakan aplikasi photoshop. Cara ini memang cepat dan simpel karena kita hanya tinggal memasukan kata dan atur opacitynya, maka dalam sekejap pun watermark jadi. Untuk hasil tidak usah diragukan lagi, pembuatan watermark dengan photoshop begitu perfect dan clean. Berikut ulasan lengkap cara pembuatan beserta screenshoot gambarnya.


  • Jalankan aplikasi photoshopnya.
  • Lalu open gambar yang akan disisipkan watermark dengan cara klik menu File >> Open... seperti yang ditunjuk oleh tanda panah no 1 yang ada pada screenshoot gambar dibawah.
  • Setelah gambarnya diopen klik tool "Horizontal Type Tool" untuk membuat/menyisipkan teks yang diinginkan atau tekan huruf "T" pada keyboard (lihat panah no 2). Pada contoh ini saya menuliskan kata "ZonaOtentics" dengan warna teksnya "biru" (lihat panah no 3).
  • Selanjutnya tinggal atur opacity yang terletak dibagian pojok kanan bawah (lihat panah no 4) 
Menambahkan watermark pada gambar dengan photoshop

  • Finish. Sebelum gambar disave sebaiknya diflatten dahulu. Caranya klik menu "Layer" dan pilih "Flatten Image". Flatten Image ini berfungsi untuk menggabungkan semua layer yang ada pada kanvas menjadi satu.

Baca selengkapnya

Sunday, June 15, 2014

Menyisipkan dan setting gambar pada microsoft office word 2007

Menyisipkan dan setting gambar pada microsoft office word 2007 - Tidak hanya pengolahan kata, dalam microsoft office word juga tersedia fasilitas untuk menambahkan/menyisipkan gambar kedalam area kerja (page). Fasilitas ini bisa diakses lewat menu Insert kemudian pilih Picture. Selanjutnya tinggal pilih gambar yang akan disisipkan, dan terakhir tinggal klik tombol insert. Sebenarnya untuk menyisipkan gambar kedalam page ini bisa dilakukan secara manual dengan mengklik kanan pada gambar yang diinginkan lalu pilih Copy dan kemudian Paste kan dihalaman kerja (page) microsoft word, atau bisa juga dengan melakukan drag and drop gambar secara langsung kedalam halaman word.

Selain itu, gambar yang telah disisipkan tersebut juga bisa disetting sedemikian rupa agar hasilnya lebih menarik dan sesuai dengan yang diinginkan.  Settingan ini tersedia didalam tab menu tambahan yang tampil setelah gambar diklik. Jika gambarnya tidak diklik maka tab menu ini juga tidak akan tampil. Nama tab menu ini adalah Format. Secara default tab menu dari microsoft word 2007 hanya terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

Dalam tab menu Format ini tersedia beragam tool - tool yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur, memformat dan mengedit gambar sesuai dengan apa yang kita inginkan. Berikut screenshoot gambar beserta ulasan lengkap mengenai fungsi dari masing - masing tool tersebut.

Menyisipkan dan setting gambar pada microsoft office word 2007

  • Brightness berfungsi untuk mengatur kecerahan gambar.
  • Contrast berfungsi untuk mengatur pencahayaan gambar.
  • Recolor berfungsi untuk mengatur pewarnaan gambar.
  • Compress Pictures berfungsi untuk memperkecil ukuran gambar agar ukuran document tidak besar nantinya.
  • Change Picture berfungsi untuk mengganti gambar yang telah ada dengan gambar lainnya.
  • Reset Picture berfungsi untuk mengembalikan kondisi gambar ke keadaan awal (default) sebelum gambar di edit.
  • Bagian yang ditunjuk oleh tanda panah berfungsi untuk memberikan border pada gambar.
  • Picture Shape berfungsi untuk membentuk gambar sesuai dengan bentuk/shape yang dipilih.
  • Picture Border berfungsi untuk memberikan warna pada bagian pinggir/border gambar.
  • Picture Effeck berfungsi untuk memberikan berbagai macam efek pada gambar seperti efek Preset, Shadow, Reflection, Glow, Soft Edges, Bevel, dan 3-D Rotation
  • Position berfungsi untuk mengatur posisi gambar terhadap teks.
  • Bring to Font berfungsi untuk meletakan gambar kebagian level/layer paling depan dari objek lainnya.
  • Send to Back berfungsi untuk meletakan gambar kebagian level/layer bagian belakang dari objek lainnya.
  • Text Wrapping berfungsi untuk menyisipkan gambar diantara text.
  • Align berfungsi untuk mengatur tata letak gambar terhadap halaman kerja (page).
  • Rotate berfungsi untuk memutar posisi gambar.
  • Crop berfungsi untuk memotong/membuang bagian gambar yang tidak diinginkan.
Demikian posting singkat mengenai cara menyisipkan dan setting gambar pada microsoft office word 2007 dari zonaotentics. Silahkan dipraktekan sendiri dan selamat bereksperimen !
Baca selengkapnya

Saturday, June 14, 2014

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007 - Apa itu Vlookup dan Hlookup ? Itu merupakan sebuah fitur dalam bentuk fungsi yang biasa digunakan untuk mengolah data yang terdiri atas 2 tabel atau lebih. Cara kerja kedua fungsi ini hampir sama yaitu mengisi sell kolom yang kosong pada tabel utama dengan cara mengambil data dalam suatu tabel bantu berdasarkan kunci/referensi dari tabel utama. Kunci atau referensi ini bisa berupa nama, kode, nomor, dan lainnya. Kunci/referensi dari tabel utama tersebut akan dicocokan dengan data yang ada pada tabel bantu. Data yang memenuhi syarat referensi/kunci tersebut nantinya akan ditampilkan pada salah satu kolom/baris tabel utama. Berikut ulasan lengkapnya.

A. Vlookup.

Vlookup berfungsi untuk mengambil data pada tabel bantu yang susunanya berbentuk vertikal seperti contoh screenshoot berikut ini.

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

Pada contoh diatas ada 2 buah tabel, yang satu tabel bantu berbentuk vertikal dan yang satunya lagi adalah tabel utama. Pada tabel utama tersebut terdapat field/kolom "Harga Barang" yang masih kosong. Untuk mengisi field tersebut kita akan gunakan fungsi "VLOOKUP" untuk mengambil data "Harga Barang" yang ada pada "Tabel Bantu". Karena field "Kode" juga terdapat pada tabel bantu, maka untuk referensi atau kunci pencarian kita bisa gunakan field "Kode" yang terdapat pada tabel utama. Berikut bentuk umum dari penulisan fungsi "VLOOKUP". 

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Ket :
  • VLOOKUP = rumus fungsi yang digunakan untuk tabel bantu yang bentuknya vertikal seperti diatas.
  • lookup_value = cell referensi/kunci yang digunakan untuk mencari data pada tabel bantu.
  • table_array = range kolom pencarian data pada tabel bantu. Misalnya pada contoh diatas range tabel bantunya yaitu "A2:C5" atau "$A$2:$C$5" maksudnya dari kolom A2 hingga kolom C5. Atau bisa juga dengan hanya menuliskan nama tabelnya. Cara memberikan nama tabel ini cukup mudah. Sorot atau blok tabel bantu tersebut lalu klik Tab menu "Formulas" lalu pilih "Define Name". Selanjutnya akan muncul jendela "New Name". Pada bagian "Name" silahkan isikan nama tabelnya sesuai dengan yang diinginkan. Lalu klik tombol  "OK".
  • col_index_num = Nomor kolom/field tabel bantu yang akan diambil data/nilainya. Penomoran ini dihitung dari field/kolom paling kiri. Kolom paling kiri nomor indexnya adalah 1, kolom berikutnya adalah 2, kolom berikutnya adalah 3 dan seterusnya. Pada contoh diatas kita akan mengambil data/nilai dari kolom/field "Harga Barang" yang ada pada tabel bantu, maka nomor index kolomnya adalah 3.
  • range_lookup = range ini ada dua type yaitu "TRUE dan FALSE". TRUE digunakan untuk mencari data yang hasilnya tidak harus persis sama tapi kira - kira atau mendekati. Sedangkan FALSE akan mencari data yang tepat atau sesuai dengan kunci/referensi yang diberikan.
Itulah ulasan singkat mengenai fungsi VLOOKUP. Langkah selanjutnya kita akan lengkapi field atau kolom dari tabel utama, yaitu kolom Harga Barang dan Total Harga. Berikut langkah - langkahnya.

1. Mencari Harga Barang.

  • Ketikan =VLOOKUP(B9,$A$2:$C$5,3,FALSE) pada kolom C9 dan kemudian tekan enter, maka akan keluar hasil = 4000000 pada kolom C9.
  • Untuk mencari Harga Barang pada kolom C10, C11, dan C12 tinggal posisikan cursor tepat dibagian pojok kanan bawah kolom C9 hingga cursornya berubah menjadi tanda tambah (+) lalu drag kebawah hingga kolom C12. Lalu lepaskan cursornya, maka harga barang pun didapat.

2. Mencari Total Harga.

  • Selanjutnya kita tinggal mencari kolam/field "Total Harga" dari tabel utama. Caranya kita tinggal kalikan "Harga Barang" dengan "Jumlah Barang".
  • Ketikan =C9*D9 pada kolom E9 lalu tekan enter, maka akan keluar hasil = 4000000 pada kolom E9.
  • Untuk mencari Total Harga pada kolom E10, E11, dan E12 tinggal posisikan cursor pada bagian pojok kanan bawah kolom E9 hingga cursornya berubah menjadi tanda tambah (+) lalu drag kebawah hingga kolom E12. Lalu lepaskan cursornya, dan total harga pun didapat. Berikut screenshoot hasil akhirnya.
Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007



B. Hlookup.

Hlookup berfungsi untuk mengambil data pada tabel bantu yang susunanya berbentuk horizontal seperti contoh screenshoot berikut ini.

Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

Untuk mencari field/kolom Harga Barang dan Total Harga caranya hampir sama dengan cara sebelumnya. Berikut bentuk umum penulisan fungsi "HLOOKUP".

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Ket :
  • HLOOKUP = rumus fungsi yang digunakan untuk tabel bantu yang bentuknya horizontal seperti gambar diatas.
  • row_index_num = Nomor baris/row tabel bantu yang akan diambil data/nilainya. Penomoran ini dihitung dari row/baris paling atas. Baris paling atas nomor indexnya adalah 1, baris berikutnya adalah 2, baris berikutnya adalah 3 dan seterusnya. Pada contoh diatas kita akan mengambil data/nilai dari baris/row "Harga Barang" yang ada pada tabel bantu, maka nomor index kolomnya adalah 3.
  • table_array = range kolom pencarian datanya. Pada contoh ini rangenya "B1:E3" atau "$B$1:$E$3" maksudnya dari kolom B1 hingga E3. Atau bisa diganti dengan nama tabel saja.
  • Untuk lookup_value dan range_lookup penjelasanya sama dengan yang telah diuraikan sebelumnya.
Itulah sedikit ulasan singkat mengenai fungsi HLOOKUP. Langkah selanjutnya kita akan lengkapi field atau kolom dari tabel utama, yaitu kolom Harga Barang dan Total Harga. Berikut langkah - langkahnya.

1. Mencari Harga Barang.

  • Ketikan =HLOOKUP(B9,$B$1:$E$3,3,FALSE) pada kolom C9 dan kemudian tekan enter, maka akan keluar hasil = 4000000 pada kolom C9.
  • Untuk mencari Harga Barang pada kolom C10, C11, dan C12 tinggal posisikan cursor tepat dibagian pojok kanan bawah kolom C9 hingga cursornya berubah menjadi tanda tambah (+) lalu drag kebawah hingga kolom C12. Lalu lepaskan cursornya, maka harga barang pun didapat.

2. Mencari Total Harga.

  • Untuk mencari total harga caranya sama dengan cara sebelumnya.
  • Berikut screenshoot gambar hasil akhirnya.
Vlookup dan Hlookup pada microsoft office excel 2007

  • Finish dan selamat bereksperimen !
Baca selengkapnya

Friday, June 13, 2014

Menambahkan page border pada microsoft office word 2007

Menambahkan page border pada microsoft office word 2007 - Page border adalah bagian tepi dari sebuah halaman. Pemberian border ini biasanya lebih sering diterapkan pada halaman awal atau cover dari sebuah dokumen. Secara default bagian page border ini diset none atau tanpa border. Untuk memberikan border pada halaman/page bisa diakses melalui tab menu "Page Layout" dan pilih "Page Borders". Dalam microsoft office word 2007 disediakan bermacam model pilihan dari "Page Borders" seperti Box, Shadow, 3-D, custom dan art. Dan untuk penerapanya (apply to) disediakan 4 pilihan seperti.

  • Whole document >> page border akan diterapkan pada seluruh document.
  • This section >> page border akan diterapkan pada sesi ini atau hampir sama dengan whole document.
  • This section (First page only) >> page border hanya akan diterapkan pada awal page/halaman saja.
  • This section (All except first page) >> page border akan diterapkan pada seluruh document kecuali page/halaman pertama.

Berikut langkah - langkah menambahkan border pada halaman kerja microsoft office word 2007 :

  • Klik tab menu "Page Layout" yang ada dibagian atas jendela microsoft office word 2007.
  • Kemudian klik "Page Borders". Maka selanjutnya akan muncul jendela "Borders and Shading" seperti screenshoot gambar berikut ini.
Menambahkan page border pada microsoft office word 2007

  • Selanjutnya tinggal pilih jenis border yang akan digunakan. Apakah yang biasa atau yang art. Border yang biasa tampilanya hanya sekedar garis saja, cara menambahkanya tinggal pilih style garis yang akan digunakan pada bagian "Style", warna pada bagian "Color", lebar garis pada bagian "Width", dan pada bagian "Setting" silahkan pilih model yang diinginkan. Lalu klik OK. Maka border pun akan terbentuk.
  • Dan jika ingin menggunakan border yang lebih stylis dan menarik, silahkan pilih jenis border yang diinginkan pada bagian "Art". Dan terakhir klik OK. 
  • Dan untuk melakukan seting ukuran page border dari batas tepi bisa dilakukan dengan mengklik tombol "Options...". Silahkan atur bagian "Top, Bottom, Left, dan Right" sesuai dengan yang diinginkan.
  • Finish dan selamat bereksperimen !
Baca selengkapnya
Ungkapan "akan" dan tidak "akan" dalam bahasa jepang (Pelajaran 14)

Ungkapan "akan" dan tidak "akan" dalam bahasa jepang (Pelajaran 14)

Ungkapan "akan" dan "tidak akan" dalam bahasa jepang - Kata - kata yang mendapat tambahan arti "akan" dan "tidak akan" ini biasa terjadi pada kata kerja. Dalam bahasa jepang, kata kerja terdiri atas 4 jenis yaitu kata kerja akhiran U, IRU, ERU, dan SURU. Untuk membentuk kata kerja yang berakhiran "U" tersebut agar mengandung arti "akan" maka ganti akhiran "U" dengan "O". Berikut uraian lengkap beserta contohnya :



Penambahan O pada kata kerja akhiran U.

  • Kaku berubah menjadi kako
  • Yuku berubah menjadi yuko
  • Hataraku berubah menjadi hatarako
  • Asobu berubah menjadi asobo
Sedangkan untuk akhiran "IRU, ERU, dan SURU" agar kata kerja tersebut mengandung arti "akan" maka gunakan bentuk 2 dari kata kerja tersebut dan tambahkan akhiranya dengan "YO". Penjelasan mengenai bentuk kata kerja bisa dilihat pada posting sebelumnya disini. Berikut contohnya :

Penambahan YO pada kata kerja akhiran IRU.


  • Miru bentuk keduanya mi, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi miyo = akan melihat
  • Niru bentuk keduanya ni, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi niyo = akan merebus
  • Ochiru bentuk keduanya ochi, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi ochiyo = akan jatuh

Penambahan YO pada kata kerja akhiran ERU.  

  • Taberu bentuk keduanya tabe, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi tabeyo = akan makan
  • Akeru bentuk keduanya ake, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi akeyo = akan membuka
  • Oshieru bentuk keduanya oshie, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi oshieyo = akan mengajar
  • Shimeru bentuk keduanya shime, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi shimeyo = akan menutup

Penambahan YO pada kata kerja akhiran SURU.

  • Chumon suru bentuk keduanya chumon shi, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi chumon shiyo = akan memesan
  • Setsume suru bentuk keduanya setsume shi, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi setsume shiyo = akan menerangkan
  • Benkyo suru bentuk keduanya benkyo shi, dan bila ditambah dengan YO, maka bentuknya berubah menjadi benkyo shiyo = akan mengajar

Dan berikutnya yaitu cara membentuk kata kerja tersebut agar mengandung arti "Tidak akan" atau kebalikan dari yang diatas. Untuk kata kerja yang berakhiran "U" caranya, gunakan bentuk asal dari kata kerja tersebut lalu tambahkan dengan akhiran "MAI". Sedangkan untuk kata kerja akhiran "IRU, ERU, dan SURU" caranya, gunakan bentuk 2 dari kata kerja tersebut dan tambahkan dengan akhiran "MAI". Berikut Contohnya :

Penambahan MAI pada kata kerja akhiran U.

  • Nomu + mai, maka bentuknya berubah menjadi nomumai = tidak akan minum
  • Yobu + mai, maka bentuknya berubah menjadi yobumai = tidak akan memanggil
  • Hataraku + mai, maka bentuknya berubah menjadi hatarakumai = tidak akan bekerja
  • Yomu + mai, maka bentuknya berubah menjadi yomumai = tidak akan membaca

Penambahan MAI pada kata kerja akhiran IRU, ERU, dan SURU.

  • Taberu bentuk 2 nya tabe, dan bila ditambah dengan akhiran MAI, maka bentuknya akan menjadi tabemai = tidak akan makan.
  • Kiru bentuk 2 nya ki, dan bila ditambah dengan akhiran MAI, maka bentuknya akan menjadi kimai = tidak akan memakai.
  • Miru bentuk 2 nya  mi, dan bila ditambah dengan akhiran MAI, maka bentuknya akan menjadi mimai = tidak akan melihat.
  • Niru bentuk 2 nya ni, dan bila ditambah dengan akhiran MAI, maka bentuknya akan menjadi nimai = tidak akan merebus.
  • Suru bentuk 2 nya shi, dan bila ditambah dengan akhiran MAI, maka bentuknya akan menjadi shimai = tidak akan melakukan.
  • Iru bentuk 2 nya i, dan bila ditambah dengan akhiran MAI, maka bentuknya akan menjadi imai = tidak akan ada.
Baca selengkapnya

Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007

Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007 - Microsoft office word memang ahlinya dalam mengolah kata. Apapun bentuknya, designnya, ataupun modelnya pasti bisa dilakukan dengan microsoft office word 2007, salah satunya yaitu menyisipkan atau menambahkan nomor/number halaman pada setiap page. Kita hanya tinggal tekan dan pilih sekali saja, maka secara otomatis semua halaman pun akan diberi nomor. Dalam microsoft office word 2007 telah disediakan beberapa model penomoran halaman seperti Top of Page, Bottom of Page, dan Page Margins. Dan jika dari beberapa pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan yang diinginkan, kita bisa gunakan pilihan Format Page Numbers untuk membuat page number yang kita inginkan.

Untuk pilihan penomoran Top of Page terbagi lagi atas beberapa jenis pilihan posisi seperti kiri atas, tengah atas, atau kanan atas. Begitu juga dengan Bottom of Page yang terdiri atas beberapa pilihan posisi seperti kiri bawah, tengah bawah, dan kanan bawah. 

Selain dari tata letak penomoran ada lagi beberapa setingan lainnya yang bisa kita terapkan pada penomoran diantaranya seperti format penomoran yang akan digunakan, apakah akan menggunakan bilangan, huruf kecil, huruf besar, huruf romawi, atau jenis lainnya. Settingan berikutnya yaitu starting number maksudnya dari posisi/page manakah nomor/number mulai disisipkan, apakah dari page awal, page kedua, atau page lainnya. Dan untuk setingan yang terakhir kita diberikan pilihan apakah nomor dibagian awal page dihilangkan atau tidak. Fitur ini bisa diaktifkan dengan mencentang bagian "Different First Page". Sedangkan jika centang pada tulisan "Different Odd & Even Pages" yang diaktifkan maka hanya nomor/number ganjil yang akan ditampilkan.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara menambahkan/menyisipkan number halaman silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini.


  • Klik tab menu "Insert" yang ada dibagian atas jendela microsoft office word. Lalu pilih "Page Number" seperti yang ditunjukan oleh screenshoot dibawah ini.
Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007

  • Silahkan pilih jenis tata letak number/nomor page yang diinginkan.
  • Maka setelah itu akan muncul sebuah tab menu baru yaitu tab menu "Design" yang berguna untuk melakukan setingan lebih lanjut terhadap nomor/number page (halaman). Berikut screenshoot gambarnya.
Menyisipkan nomor atau number halaman pada microsoft office word 2007

  • Bagian yang ditunjuk oleh nomor 1 (warna merah) diatas berfungsi untuk menghilangkan nomor/number yang berada dibagian awal page.
  • Sedangkan bagian yang ditunjuk oleh nomor 2 (warna merah) diatas berfungsi untuk menghilangkan nomor/number halaman yang ganjil.
  • Dan apabila ingin menggunakan format number berupa huruf, angka romawi, atau jenis format lainnya silahkan pilih options "Format Page Numbers" yang ada dibagian tab menu "insert >> Page Number >> Format Page Numbers". Disana juga terdapat setingan "Start at" yang berfungsi untuk mengatur dipage atau halaman mana number mulai disisipkan.
  • Untuk keluar dari tampilan Page Number silahkan klik tombol close yang berada dibagian kanan (Tulisan Close Header and Footer) atau dengan melakukan double klik diluar area Page Number.
  • Dan untuk mengedit Page Number kembali cukup dengan double klik dibagian Page Number tersebut.
  • Finish dan selamat bereksperimen !


Baca selengkapnya

Tuesday, June 10, 2014

Beberapa cara menampilkan kembali data, folder, dan file yang dihidden virus

Beberapa cara menampilkan kembali data, folder, dan file yang dihidden virus - Kesal dengan file yang tiba - tiba hilang dari flashdisk, padahal sebelumnya tidak pernah didelete ataupun dipindahkan. Hal ini sering sekali terjadi pada media penyimpanan flashdisk. Flashdisk memang media penyimpanan yang sangat efisien, simpel dan mudah untuk dibawa kemanapun (mobile). Namun dibalik kemudahanya sebagai perangkat penyimpanan yang mobile tersebut, Flashdisk juga sangat rentan terhadap infeksi virus komputer. Salah satu virus yang paling sering menjangkiti flashdisk adalah Virus hidden diatas.

Virus hidden ini bekerja dengan cara menyembunyikan setiap file yang ada diflashdisk, bukan mendelete atau menghapus data tersebut. Bagi orang non IT mungkin sering kali mengira kalau datanya yang ada diflashdisk terhapus atau telah hilang, namun sebenarnya tidak. Untuk memastikannya silahkan dicek dibagian properties flashdisknya dengan mengklik kanan pada icon flashdisknya dan pilih properties. Perhatikan diagram berbentuk pie tepatnya bagian used spacenya. Jika used spacenya berisi (tidak nol) maka data masih ada didalam flashdisk, hanya saja keberadaan data tersebut dihidden oleh virus hidden tersebut.

Untuk mengembalikan file yang telah dihidden tersebut ada beberapa alternatif yang bisa kita gunakan seperti pengaturan setting show hidden data pada jendela explorer, console (command prompt), atau dengan bantuan smadav antivirus. Perlu diketahui bahwa fasilitas show hidden ini memang kebanyakan hanya ada pada antivirus buatan dalam negeri (indonesia). Dari keempat alternatif diatas penggunakan smadavlah yang lebih gampang,  karena hanya tinggal klik scan dan fix all maka data pun akan kembali seperti semula. Berikut ulasan lengkap mengenai keempat alternatif penanganan file atau data yang dihidden oleh virus.

1. Pengaturan lewat setting show hidden data pada jendela explorer.

  • Colokan flashdisknya
  • Selanjutnya masuk ke my computer dan masuk ke directory flashdisk (atau double klik flashdisnya).
  • Khusus untuk pengguna windows 7 >> Dimenu bagian atas sebelah kiri atas klik Organize dan pilih Folder and search options.
  • Maka selanjutnya akan muncul jendela "Folder Options" seperti gambar dibawah ini.
Beberapa cara menampilkan kembali data, folder, dan file yang dihidden virus

  • Pada jendela "Folder Options" yang muncul, silahkan klik tab "View" yang ada dibagian atas.
  • Kemudian pada "Hidden files and folders" pilih "Show hidden files, folders, and drives" dan hilangkan centang pada tulisan "Hide protected operating system files (Recommended)".
  • Lalu klik tombol "Apply" dan "OK".
  • Finish.


2. Menggunakan Console (Command Prompt).

  • Pertama colokan flashdisknya.
  • Selanjutnya cek lokasi drive dari flashdisk. misalnya dalam contoh ini flashdisk berada di drive I, seperti yang ditunjukan oleh gambar dibawah ini.
Beberapa cara menampilkan kembali data, folder, dan file yang dihidden virus

  • Selanjutnya jalankan "Run" yang ada di Start >> All Program >> Accessories >> Run. Atau dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  • Lalu ketik "CMD" dan tekan enter. Maka akan muncul jendela cmd.
  • Karena flashdisknya berada pada drive I, maka selanjutnya ketikan I: dan tekan Enter.
  • Kemudian ketikan attrib -r -a -s -h *.* /s /d dan tekan Enter.
  • Tunggu hingga beberapa detik hingga semua file, dan folder dimunculkan kembali.
  • Untuk melihat hasilnya silahkan di open flashdisknya.
  • Finish.

Keterangan :

attrib = string untuk menentukan atribut pada Command Prompt
-s = menghilangkan/menonaktifkan atribut System File
-h = menghilangkan/menonaktifkan atribut Hidden File
-r = menghilangkan/menonaktifkan atribut Read Only File
/s = singkatan dari sub directory
/d = singkatan dari directory
dir = melihat isi dari sebuah drive atau directory

*.* = untuk mengakses atau menampilkan semua file yg dihidden

dir /a = melihat isi dari sebuah directory beserta atribut file nya dan juga berfungsi untuk menampilkan file hidden.

3. Menggunakan Smadav Antivirus.

  • Cara ini sangat cocok bagi semua kalangan baik orang IT ataupun Non IT, karena lebih gampang dan simpel.
  • Tinggal colokan flashdisk kekomputer.
  • Kemudian jalankan smadav antivirus dan lakukan scan pada flashdisknya.
  • Setelah proses scan selesai pilih "Fix All". Maka file hidden pun akan dimunculkan kembali.
  • Finish dan selamat bereksperimen!
Baca selengkapnya
Ungkapan cuaca dan musim dalam bahasa inggris

Ungkapan cuaca dan musim dalam bahasa inggris

Ungkapan cuaca dan musim dalam bahasa inggris - Cuaca ! Kira - kira bagaimana ya cara mengungkapkan keadaan cuaca dalam bahasa inggris? Dalam dunia barat dikenal ada 4 jenis musim yaitu musim semi (spring), musim gugur (fall atau autumn), musim panas (summer), dan musim salju (winter). Sedangkan untuk cuaca ada banyak sekali ungkapanya seperti cerah (sunny), berawan/mendung (cloudy), hujan (raining), bersalju (snowing), berangin (windy), berkabut (foggy), badai (stormy), dll. Nah sekarang bagaimana cara menggunakan atau membentuk kata - kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang berhubungan dengan cuaca. 

Berikut akan saya berikan beberapa contoh kalimat sederhana yang dibentuk dari kata - kata musim dan cuaca. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh - contoh dibawah ini..

Musim :

  • This is a tree in the summer.
  • This is my house in the winter.
  • This is city of rome in the fall.
  • This is city of tokyo in the spring.

Cuaca :

  • Is it raining ? Apakah sekarang hujan ?
  • Yes, it's raining ? Ya, sekarang hujan.

  • Is it sunny ? Apakah sekarang cerah ?
  • No, it's not sunny. Tidak, sekarang tidak cerah.

  • The weather is cold in the mountains.
  • The weather is hot in the woods.
  • It's cloudy in the park.
  • It's raining at the beach

  • What is the weather like ? Bagaimna cuaca sepertinya ?
  • The weather is cold. It's snowing. Cuaca dingin. Sekarang turun salju.

  • It's going to rain. Sekarang akan turun hujan.
  • It's going to snow. Sekarang akan turun salju.
  • It's going to be hot. Sekarang/hari ini akan panas.
  • Its's going to be cold. Sekarang/hari ini akan dingin.
  • It's going to be sunny. Sekarang/hari ini akan cerah.
  • It's going to be cloudy. Sekarang/hari ini akan berawan/mendung.
Kata "Going to" pada contoh diatas memiliki arti "akan" dan akan mendapat tambahan "be" jika cuacanya selain dari "rain dan snow".

Contoh percakapan.

A : Can we go to the beach today ?
B : No.
A : Why not ?
B : Today it's going to rain. We can go on tomorrow.
Baca selengkapnya

Saturday, June 7, 2014

Format karakter pada microsoft office excel 2007

Format karakter pada microsoft office excel 2007 - Ini merupakan sebuah layanan/fasilitas yang mempermudah setiap pengguna dalam mengelola data - data yang ada dalam setiap cell. Layanan/fasilitas ini berbentuk fungsi dan dengan bantuan fungsi ini, setiap data yang ada dalam cell bisa diambil, disortir, dan diurutkan sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk mengambil data/karakter tertentu dalam suatu cell, kita bisa gunakan fungsi "LEFT, MID, dan RIGHT". Sedangkan untuk menyortir (menyaring data) dan mengurutkan data kita bisa gunakan "Data Sort dan Data Filter". Berikut ulasang lengkapnya.

1. Fungsi LEFT.

Berguna untuk mengambil karakter yang ada pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =LEFT(text,num_chars).

Contoh : KARAKTERISTIK.
Formulanya=LEFT(A1,4) >> maka hasilnya = KARA.
Format karakter pada microsoft office excel 2007

2. Fungsi MID.

Berfungsi untuk mengambil karakter yang ada pada bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =MID(text,start_num,num_chars).
                                                   
Contoh : PEGUNUNGAN.
Formulanya : =MID(A1,4,3) >> maka hasilnya = UNU.
Format karakter pada microsoft office excel 2007

3. Fungsi RIGHT.

Berfungsi untuk mengambil karakter yang ada pada bagian kanan dari suatu teks. Bentuk umum penulisan formulanya adalah =RIGHT(text,num_chars).                                                                 

Contoh : ANTARTIKA.
Formulanya : =RIGHT(A1,6) >> maka hasilnya = ARTIKA.
Format karakter pada microsoft office excel 2007

4. Data Sort.

Berfungsi untuk mengurutkan data, baik dari yang besar ke yang kecil (Descending) ataupun dari yang kecil ke yang besar (Ascending). Caranya, silahkan blok data yang ingin diurutkan kemudian klik tab menu "Data" yang ada dibagian atas dari microsoft office excel. Kemudian silahkan pilih, mau menggunakan AZ atau ZA. AZ digunakan untuk mengurutkan data dari kecil ke besar (Ascending), sedangkan ZA digunakan untuk mengurutkan data dari besar ke kecil (Descending).
Format karakter pada microsoft office excel 2007

5. Data Filter.

Berfungsi untuk menyaring data yang akan ditampilkan. Caranya, block data yang akan di filter. Kemudian pilih tab menu "Data"  yang ada dibagian atas. Lalu klik icon "Filter". Maka akan muncul tanda segitiga pada setiap field tabel. Silahkan pilih model penyortiran yang diinginkan. Dan untuk menghilangkan tanda segitiga pada field tabel silahkan klik kembali icon "Filter".
Format karakter pada microsoft office excel 2007

Finish dan selamat bereksperimen!                                                
Baca selengkapnya

Friday, June 6, 2014

Cara stem gitar menggunakan guitar tuner

Cara stem gitar menggunakan guitar tuner - Satu lagi alternatif yang bisa kita gunakan untuk menyetel senar gitar yaitu Guitar Tuner. Guitar Tuner adalah sebuah aplikasi yang berbentuk plugin (aplikasi tambahan) pada browser google chrome. Aplikasi ini secara defaultnya belumlah terpasang atau terinstal di google chrome. Untuk menambahkan atau memasang aplikasi ini kita tinggal kunjungi webstorenya google chrome (klik disini). Bagi yang baru belajar menyetem/menyetel gitar sebaiknya mencoba aplikasi yang satu ini. Selain sifatnya yang free alias gratis, ukuranya pun tidak terlalu besar. Dari segi tampilan, aplikasi ini sangat simpel dan navigasinya pun tidak rumit. Sehingga akan mempermudah user dalam menggunakanya.

Dalam aplikasi Guitar Tuner ini disediakan beberapa jenis stelan/tuning gitar, kurang lebih ada 8 jenis steman/tuning seperti standard tuning, 1/2 step down, full step down, drop D, drop C, dllnya. Semuanya adalah jenis tuning yang paling sering digunakan.  Bagi yang masih kesulitan untuk menyetem gitarnya mengguakan metode yang sudah saya posting sebelumnya (lihat disini), silahkan coba dengan menggunakan aplikasi Guitar Tuner ini. Berikut langkah - langkah penginstalan dan penggunaanya.

Cara Instalasi :

  • Kunjungi webstorenya google chrome atau silahkan klik tombol menu yang ada dibagian kanan atas google chrome lalu pilih Setelan. Berikut screenshoot gambar.
Cara stem gitar menggunakan guitar tuner

  • Selanjutnya dibagian menu sebelah kiri pilih bagian Ekstensi dan klik tulisan "Dapatkan Ekstensi lainnya". Berikut screenshoot gambarnya.
Cara stem gitar menggunakan guitar tuner

  • Selanjutnya kita akan dibawa ke tampilan webstorenya google chrome. Setelah halamanya tampil, silahkan tulis "guitar tuner" dibagian kotak search yang terletak dibagian sebelah kiri atas dan enter. Maka akan muncul beberapa daftar plugin seperti yang ditunjuk oleh screenshoot gambar dibawah.
Cara stem gitar menggunakan guitar tuner

  • Langkah selanjutnya pilih "Guitar Tuner" dengan mengklik tombol "GRATIS" berwarna biru.
  • Selanjutnya akan muncul jendela "Konfirmasi Apl Baru" dan klik tombol "Tambahkan". Maka aplikasi pun akan diunduh dan dipasang secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  • Finish.

Cara Penggunaan :

  • Untuk mengakses aplikasi ini silahkan jalankan browser google chromenya dan kemudian klik tombol menu aplikasi yang ada dibagian kiri atas google chrome seperti yang ditunjukan oleh screenshoot berikut.
Cara stem gitar menggunakan guitar tuner

  • Selanjutnya silahkan klik "Guitar Tuner" seperti yang ditunjukan oleh panah no 2 diatas.
  • Maka selanjutnya akan muncul tampilan utama dari "Guitar Tuner" seperti screenshoot dibawah.
Cara stem gitar menggunakan guitar tuner

  • Secara default, jenis tuning yang diset pada guitar tuner tersebut adalah tuning standard. Untuk merubah jenis tuning silahkan atur pada panel bagian atas sebelah kanan.
  • Huruf "E, B, G, D, A, E" adalah nada dari setiap senar pada tuning standard.
  • Senar yang bagian kanan adalah senar 1 dan senar yang bagian kiri adalah senar 6. Untuk mendengarkan bunyi dari setiap senar tersebut silahkan klik tombol bulat yang ada dibagian bawah. Setiap tombol tersebut mewakili 1 senar.
  • Silahkan samakan bunyi senar gitarnya dengan bunyi yang dikeluarkan oleh "Guitar Tuner" tersebut.
  • Silahkan lihat videonya disini.
Baca selengkapnya